PURWAKARTA – Anda mudik jalurnya lewat Purwakarta? Nah, bila ingin mencicipi #PesonaMudik2019 yang oke, silakan arahkan tujuan ke Purwakarta. Kota ini bisa menjadi destinasi alternarif di liburan Lebaran.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, akses ke Purwakarta sangat mudah dijangkau. Dari Jakarta jaraknya hanya terpaut 74 km. Sementara dari Bandung, jaraknya hanya terpaut 72 Km. Lokasinya persis di tengah-tengah kedua kota besar Jakarta dan Bandung. Dan waktu tempuh menuju ke Purwakarta tak lama. Cukup berkendara 1-1,5 jam, Anda sudah sampai di Purwakarta.

”Masyarakat Jakarta dan Bandung yang mudik Lebaran, bisa sedikit melipir berlibur ke Purwakarta. Hanya satu hingga satu setengah jam dari Jakarta dan Bandung lewat Tol Padalarang. Dan saat di Purwakarta, banyak keindahan alam dan buatan yang bisa di sana,” ujar Menpar Arief Yahya, Minggu (12/5).

Pria yang juga mantan Direktur Utama Telkom itu mengatakan, Kabupaten Purwakarta memiliki banyak objek wisata yang unik, asri, nyaman, dan juga wisata buatan air mancur yang sudah sangat terkenal. Namanya, Air Mancur Sri Baduga. Keberadaan air mancur berjoget itu disebut Menpar Arief Yahya sudah setara dengan air mancur di Dubai Uni Emirat Arab dan Guangzhao, Tiongkok.

Taman yang memiliki luas sekira dua hektar tersebut masuk ke dalam lima top destinasi wisata di Indonesia. Highly recommended untuk wisatawan domestik dan mancanegara lantaran luas tamannya terbesar di Asia Tenggara.

"Datanglah pada hari Sabtu dan Minggu malam atau di sepanjang Libur Lebaran, untuk menyaksikan light effect air mancur paling keren,” kata Menpar Arief Yahya.

Berikut #Top10DestinasiLebaran yang ada di Purwakarta:

 

Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan letaknya di Kampung Cinangka Desa Sindang Panon Kecamatan Bojong Purwakarta. Pemandangan alam yang ciamik cocok bagi para pengguna media sosial untuk mengabadikan momen untuk diunggah di akunnya masing-masing.

Bukit Panenjoan kurang lebih berjarak sekitar 17 km dari pusat kota Purwakarta. Menuju bukit Panenjoan dapat diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Wisatawan bisa memulai perjalanan mereka dari Purwakarta mengambil arah menuju Wanayasa, di daerah Pondok Salam, mereka harus berbelok ke arah kanan memasuki Gapura Indung Rahayu yang terletak di pintu masuk Desa Salem. Selain itu akses lain juga bisa ditempuh dengan jalur Bojong Sawit maupun daerah Wanayasa.

Mata para pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan hamparan perkebunan teh di sepanjang perjalanan. keindahan alam akan terus tersaji hingga para pengunjung tiba di lokasi Bukit Panenjoan. Dengan leluasa, pengunjung bisa ber-swafoto dengan latar belakang perkebunan, gunung, hingga danau Juanda Jatiluhur yang terhampar di bagian barat Kabupaten Purwakarta.

Saung Manglid

Saung Manglid lokasinya berada di Kampung Parakan Ceuri, Desa Pusakalamulya, Kiarapedes, Purwakarta. Arti dari Saung Manglid itu sendiri yaitu, bangunan yang terbuat dari kayu manglid. Saung M…
[14:15, 5/12/2019] Cholis Faizi: Mudik ke Subang, Mampir ke Kulineran Rekomendasi

SUBANG - Kota Subang menjadi salah satu tempat yang sangat asyik untuk berlibur, terutama liburan di saat Lebaran. Tempat liburan paling terkenal di Subang seperti Pemandian Air Panas Sari Ater, Tangkuban Perahu, Wisata Kebun Teh, Pantai Cirewang, dan juga Pantai Pondok Bali.

Selain itu, Subang juga memiliki sejumlah tempat kuliner yang patut untuk Anda singgahi di musim liburan. Mulai dari jajanan angkringan sampai restoran mewah, yang pastinya memiliki menu khas Subang yang kental.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, kuliner di Subang selain lezat, rata-rata makanan yang disajikan dibandrol dengan harga cukup terjangkau.

"Ada sejumlah tempat nongkrong atau berkumpulnya anak muda sampai orang tua sudah semakin menjamur di Subang. Ada yang menawarkan menu dengan citarasa luar negeri, sampai dengan yang mengandalkan menu lokal. Anda harus coba yang direkomendasikan untuk #PesonaMudik2019," ujar Menpar Arief Yahya, Minggu (12/5).

RM Mang Yeye

Salah satu tempat makan favorit didaerah Subang adalah Ayam Goreng RM Mang Yeye yang terletak di daerah Kalijati Subang. RM Mang Yeye ini terletak di tepi jalan raya Purwakarta-Subang, dan berjarak sekitar 6,5 km dari Pintu tol Kalijati-Purwadadi.

RM Mang Yeye memiliki latar belakang sawah. Hanya saja saat ini, kondisinya sudah mulai padat dengan bangunan, berbeda dengan awal-awal RM Mang Yeye ini, dimana masih benar-benar terletak di tepi sawah.

Di RM Mang Yeye ini, selain Ayam Goreng sebagai menu utama, masih ada menu yang lain seperti Karedok, Sate, Pepes, Gurame bakar dan tidak ketinggalan es kelapa muda.

Restoran Sangkuriang

Pada KM 11 jalur Subang-Bandung, ada satu tempat yang layak anda Singgahi di jalur ini, yaitu Sangkuriang Resto, yang mengususng tagline “Ahlinya Sup Ikan Subang”. Tempatnya sangat nyaman untuk beristirahat, berbentuk saung-saung dan terletak di tepi sawah dengan pemandangan bukit-bukit di belakangnya.

Menu yang ditawarkan cukup beragam ada Sup Ikan Gurame, Nila dan Ikan Mas. Ada juga Sup Ayam, Daging, Buntut, Hingga Sup Jagung Ayam dan Kepiting. Selain Ikan Mas, Gurame, dan Nila juga ditawarkan dengan pilihan olahan Bakar, Bumbu Cobek, Acar Kuning Asam Manis dan Goreng Renyah Pedas. Ada juga macam-macam olahan dari Ayam, serta Seafood Udang dan Cumi.

Warunk Upnormal

Kini Warunk Upnormal telah hadir di kota Subang. Sejak dibuka 6 Juli 2017 lalu, Warunk Upnormal yang berlokasi di jalan Otto Iskandardinata No. 21-23 Subang ini langsung diserbu pengunjung. Masyarakat Subang kini bisa menikmati sajian khas Warunk Upnormal setiap harinya mulai pukul 10.00 hingga 24.00.

Warunk Upnormal Subang merupakan cabang yang ke-42 dari total keseluruhan 42 cabang Warunk Upnormal yang tersebar di 23 kota di seluruh Indonesia. Dengan konsep awal berupa “warung kopi yang naik kelas,” Warunk Upnormal Subang menyajikan produk-produk khas warung kopi pada umumnya, namun dengan upgrade dari berbagai aspek yaitu varian, kualitas, service, fasilitas, hingga atmosfer yang ditawarkan.

Para pengunjung tidak akan kehabisan pilihan menu di sini, karena ratusan varian menu siap disajikan mulai dari Indomie, nasi, roti bakar, berbagai minuman ala Upnormal, desserts, dan tentunya produk unggulan Warunk Upnormal, Kopi Gayo Aceh.

Saung Abah Asli Cobek Belut

Warung makan khas Sunda ini cukup legendaris, dan terkenal di kalangan masyarakat Subang dan Bandung yang sering berpergian melintasi Jalan Raya Cagak. Warung makan ini kini sudah berkembang pesat, menjadi jauh lebih besar, lebih ramai, dan lebih luas.

Lokasinya cukup strategis, tepat di tepi jalan raya penghubung kota Subang dengan kota Bandung melalui Ciater dan Jalan Cagak. Suasananya masih terasa nuansa pedesaan dan pegunungan dengan udara yang cukup sejuk saat pagi dan sore hari.

Ikan gurame disajikan di atas cobek dengan sambel bawang, kencur, sedikit terasi, dan kemiri. Aroma kencurnya yang segar dan wangi menambah kesegaran ikan guramenya.

Kesegaran ikan gurame ini terutama karena baru ditangkap dari kolam yang berada persis di samping pendopo ruang makan, sesaat setelah saya pesan. Menu lain yang cukup enak adalah belut goreng sambel penyet. Disajikan dengan sambel penyet di atas cobek kecil.

Dapoer Ummi

Dapoer Ummi terletak di Jalan Raya Cagak. Jika berkunjung ke dapoer ummi anda wajib coba menu andalannya yaitu sate maranggi. Rasanya yummy banget. Selain itu, menu ayam bakarnya juga tidak kalah lezatnya, recommended banget.

Sate maranggi tersedia daging sapi dan ayam. Selain sate, Dapoer Ummi juga menawarkan menu lainnya seperti ayam kampung goreng/bakar.

Bakso Parahyangan

Tempatnya mudah dijangkau, tidah jauh dari pasar pujasera subang. Baksonya enak, kuah kaldunya terasa gurih tidak hambar. harganya juga relatif murah dan terjangkau.

Selain menyediakan bakso ceker, bakso dihidangkan dengan sawi dan somay rebus. Rasa baksonya ringan tapi lumayan menghangatkan perut yang lapar. Selain Bakso, ada juga pilihan menu batagor dan somay.

Sindang Sagalaya

Sindang Sagalaya menyajikan Ramen Jawa khas cita rasa Jawa Barat dengan bumbu istimewa racikan sendiri. Lokasinya berada di Jalan Raya Dangdeur.

Rumah Makan Gala

Rumah Makan Gala terletak di JL. Gardu Langkap Gunung Sari, Subang, Cigadung, Pagaden. Restoran ini menyajikan makanan khas Sundadengan menu beragam. Di sini sambel dadaknya yang terkenal enak. Pepes ikan mas duri lunak juga menjadi favorit para pelanggannya.

Bakso Goyang Lidah

Kuliner bakso memang banyak ditemukan di Subang. Tapi salah satu yang enak adalah Bakso Goyang Lidah yang berada di Jalan Otista, Karanganyar, Kec. Subang, Kabupaten Subang. Bakso Goyang Lidah hingga kini menjadi salah satu kuliner favorit.

Adapun menu di warung itu, hanya ada satu, yaitu bakso daging sapi yang memang dirasa sangat nikmat. Mengapa? Karena setiap butir bakso, rasa daging begitu terasa.

Rumah Makan Lesehan Sop Ikan Neng Jihan

Restoran ini lokasinya dekat dengan Sariater air panas di Ciater perjalanan sekitar 5 menit. Rumah makan Lesehan sop ikan Neng jihan adalah rumah makan bertemakan lesehan dengan arsitektur bangunan merupakan paduan pohon bambu dan kayu. Halaman parkir luas dan aman.

Lesehan Sop ikan Neng Jihan mengutamakan kenyamanan dan keamanan. Cocok untuk keluarga, anak anak, dan acara reuni. Menu utama Lesehan sop Ikan Neng Jihan adalah Sop Ikan (Nila, Mas, Gurame).(*)