SPORTOURISM-Bandara Internasional Supadio Pontianak makin Kece dan keren. Pelayanannya dipastikan makin mumpuni. Terminal baru yang megah siap menyambut wisatawan Setelah diresmikan Presiden Joko Widodo, Kamis (28/12).

Konsepnya modern sekaligus ramah lingkungan. Modern karena bandara ini dirancang menyamai bandara Suvarnabhumi di Bangkok. Ramah lingkungan karena sebagian cadangan listriknya dipenuhi dari panel surya. Dengan terminal baru tersebut dipastikan pertumbuhan pariwisata serta ekonomi akan semakin meningkat.

"Dasarnya adalah komitmen Indonesia Incorporated. Pariwisata serta ekonomi Kalimantan khususnya Kalimantan Barat sangat potensial untuk dikembangkan, " ujar Menhub Budi Karya, Kamis (28/12).

Secara komersil pengembangan Bandara Internasional Supadio menjanjikan masa depan yang baik bagi Kalimantan Barat. Terlebih Kota Pontianak berada di posisi yang sangat strategis secara geografis. Konektivitas menjadi bagian yang penting dalam perkembangan ke depan.

Belum lagi potensi pariwisatanya yang luar biasa. Pengembangan ini dipastikan akan mempercantik serta memudahkan pergerakan wisatawan. Pujian pun dilayangkan Presiden Joko Widodo. Presiden mengagumi arsitektur Bandara Supadio yang bertemakan kedaerahan. Sehingga jati diri daerah tidak terlupakan.

“Saya tadi melihat Bandara Supadio ini begitu sangat megahnya. Kental dengan ornamen Dayak. Ini penting sebab bandara ini merupakan gerbang pariwisata Kalimantan Barat,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden pun menginstruksikan untuk mengantisipasi pertumbuhan jumlah penumpang di tahun-tahun berikutnya. Sehingga nantinya direncanakan pengembangan kembali terminal Bandara Supadio menjadi dua kali lipat.

“Untuk tahun ini jumlah penumpang Bandara Supadio telah mencapai 3,5 juta pertahun naik 15 persen dari tahun sebelumnya. Jika setiap tahun meningkat 15 persen, maka kedepan pengembangan terminal perlu dilakukan lagi,” ujar Presiden Joko Widodo.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya pun ikutan happy. Reputasi sebagai airport kelas dunia, kata Arief Yahya, sudah disandang Bandara Supadio Pontianak. Dengan terminal baru, pelayanan wisatawan diyakini akan semakin mumpuni.

"Bulan Juli kemarin Bandara Supadio sudah menjadi yang terbaik pada survei Airport Service Quality (ASQ) Quarter II/2017 versi Airport Council International (ACI). Tentunya dengan terminal yang lebih keren pelayanannya akan semakin meningkat. Semakin nyaman wisatawan berwisata di Kalimantan Barat," kata Menpar Arief Yahya. (*)