JAYAPURA-Setiap kota besar pasti memiliki pusat perdagangan utama. Jayapura sebagai ibukota Provinsi Papua pun memiliki pusat perdagangan yang berlokasi tidak jauh dari pusat kota. Sekitar 3 kilometer di wilayah selatan pusat kota Jayapura, kita dapat berwisata belanja. Tempat ini bernama Pasar Hamadi.

Bagi anda yang datang ke Festival Crossborder Skouw Indonesia Incorporated 2018 ada baiknya anda ke Pasar Hamidi. Lengkap banget. Semua barang unik Papua ada di tempat ini.

Pasar Hamadi sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda dan menjadi pusat perdagangan bagi masyarakat Jayapura hingga saat ini. Wilayah Hamadi tidak hanya terdiri dari pasar ini, namun di sekitar wilayah ini pun terdapat banyak hal yang menarik untuk dikunjungi. Pasar Hamadi sebagai pusat perdagangan, pasar ikan, pasar kesenian, hingga pantai pun dapat kita nikmati selagi berada di wilayah ini.

Pasar Hamadi sendiri sebenarnya adalah pasar tradisional yang menjadi tumpuan masyarakat Jayapura untuk menjual dan membeli segala kebutuhan penunjang hidup. Pasar ini menjadi menarik karena kita dapat melihat interaksi warga masyarakat Jayapura sehari-sehari. Selain itu, bagi para wisatawan yang ingin membeli berbagai buah tangan atau kenang-kenangan, dapat membelinya di pasar ini.

"Banyak sekali hal menarik yang dapat ditemui di sekitar wilayah pasar. Pasar Hamadi seperti sebuah miniatur Papua yang dihuni oleh berbagai suku berbeda. Oleh karena itu, tidak heran bila di Pasar Hamadi kita dapat menemukan segala apapun yang berhubungan dengan Papua. Silahkan datang ke Papua," Kata Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Adnyani yang juga dibenarkan oleh Asisten Deputi Bidang Pemasaran I Regional III Kementerian Pariwisata Muh. Ricky Fauziyani.

 

Lebih lanjut Ricky mengatakan, mulai dari hiasan etnik, baju daerah, hingga makanan khas Papua pun dapat kita temukan di tempat ini.

Seperti halnya obyek wisata lain di Jayapura, pasar Hamadi juga mempunyai nilai sejarah yang cukup menarik. Keberadaannya sebagai pusat perdagangan sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda, kala itu Papua masih bernama Hollandia. Oleh sebab itu, Anda juga dapat menyaksikan berbagai peninggalan sejarah di sekitar Pasar Hamadi. Salah satunya adalah Pantai Hamadi yang letaknya tidak terlalu jauh dari wilayah pasar.

"Selain itu, Pasar ikan pun sangat menarik untuk ditelusuri. Di tempat ini, kita dapat sama-sama menyaksikan betapa kayanya lautan Indonesia. Berbagai macam ikan dijual di tempat ini sebagai mata pencaharian penduduk setempat yang berprofesi sebagai nelayan. Menarik banget,"katanya.Pasar Hamadi adalah obyek yang cukup penting untuk didatangi ketika berkunjung ke Jayapura, Papua.

Selain itu, Ricky juga merekomendasikan kepada para wisatawan mancanegara asal Papua Nugini maupun wisatawan nusantara bisa menikmati keindahan alam di Skouw Jayapura. Ricky memberikan rekomendasi destinasi-destinasi apa saja yang bisa dinikmati di perbatasan.

 

1. Objek Wisata di Perbatasan Tanah Air dan Papua Nugini

Banyak dari kita yang berpikiran jika kehidupan di perbatasan tidak enak. Hidup seadanya dan tidak ada fasilitas umum yang menunjang. Namun, kamu bakalan terpesona jika datang ke Kampung Skouw, yang terletak di sebelah timur Jayapura dan sejak lama menjadi Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Ya, kampung yang termasuk dalam Distrik Muara, Kota Jayapura ini merupakan objek wisata dadakan yang banyak didatangi oleh warga Indonesia maupun penduduk dari negara tetangga.

2. Spot Foto di Area Perbatasan

Kampung Skouw dulunya memang gersang dan panas. Banyak orang yang lebih memilih untuk pindah ke Jayapura dibandingkan tinggal lama di sini. Namun, pemandangan tersebut kini disulap jadi cantik dan enak dipandang. Selain bangunan PLBN yang makin megah, gerbang perbatasan juga kokoh. Perubahan ini pun membuat banyak penduduk asli maupun wisatawan penasaran dengan wajah baru dari PLBN.

3. Seru-Seruan di Pasar Skouw, Jayapura

Meski kini Skouw menjadi terkenal karena fasilitasnya yang lengkap, namun beberapa wisatawan sempat sedih lantaran belum ada pusat oleh – oleh di sini. Namun, kamu tidak perlu khawatir jika mencari souvenir di sini. Kunjungi saja Pasar Skouw yang tentu saja hanya ramai di hari Selasa dan Kamis. Kamu bisa mendapatkan beragam barang antik saat pasar buka. Bahkan, kamu bisa melihat beberapa pengunjung asing dari Papua Nugini di pasar ini.


4. Bermain di Pantai Jayapura yang Eksotis

Kampung Skouw memang terletak jauh dari Jayapura. Dengan menggunakan kendaraan roda empat saja, membutuhkan waktu 1,5 hingga 2 jam perjalanan. Pun demikian, rasa lelah bakalan dimanjakan dengan udara pegunungan yang menyejukkan. Belum lagi dengan pesona lautan yang membujur di bagian utara Skouw. Nah, sepulang dari kawasan perbatasan, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke beberapa pantai eksotis di daerah ini. Salah satunya adalah pantai Baseg yang biasa digunakan sebagai spot foto prewedding calon pengantin.

5. Rute Panjang ke Perbatasan yang Menyenangkan

Nah, jika sekiranya Pantai Baseg terlalu jauh dari hotel, kamu bisa mampir ke Pantai Holtekamp. Dari Pasar Skouw, destinasi alam ini bisa ditempuh selama 30 menit saja. Tidak hanya menawarkan pemandangan alam, di sekitar sini juga terdapat akomodasi yang nyaman bernama Pasir III Holtekamp Beach. Puas dengan keindahan alam Jayapura bagian timur, jangan lupa mampir ke destinasi di sekitar Sentani seperti Christo Resto Pinggir Danau. Soal pemandangan dijamin membuat siapapun tidak ingin pulang.(*)