SPORTOURISM-Terminal tiga Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng bakal semakin banyak dilewat wisatawan asal Arab Saudi. Sebab mulai 10 Juli 2017 nanti, seluruh penerbangan Saudi Arabian Airlines akan beroperasi di Terminal tiga itu.

Bandara yang memperoleh predikat The World Most Improved Airport 2017 versi Skytrax World Airport Survey itu tentu lebih membanggakan. Lebih megah, modern, lebih layak sebagai "wajah pemberi kesan pertama" buat wisatawan.

Sebelumnya, Saudi Arabian Airlines beroperasi di Terminal dua Internasional. Standar pelayanannya pun lebih ditingkatkan. "Kalau di Terminal tiga Soekarno Hatta saya yakin, pasti akan terhandle dengan baik," ujar Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

Menteri Arief yang mantan Dirut PT Telkom itu pede karena dia kenal lama dengan Dirut PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin. Sama-sama pernah bekerja profesional di PT Telkom, yang selalu menghitung customers satisfaction. "Customer kami adalah airlines dan passanger," ujar Awaluddin.

Menurut Awaluddin, persiapan perpindahan operasional sudah oke. "Dari sisi pelayanan dan fasilitas, baik dari sisi airside dan landside, Imigrasi dan lainnya sudah kami persiapkan matamg," kata Awaluddin.

Adapun rute yang akan dilayani serupa seperti di Terminal dua, yakni tujuan Jeddah, Riyadh dan Madinah. Seluruh penerbangan ini akan menggunakan pesawat wide body Boeing 777-300 ER.

Awal menjelaskan, Terminal tiga Internasional dilengkapi dengan sejumlah fasilitas digital seperti, baggage handling system (BHS), layar flight information display system (FIDS) dengan teknologi termodern, serta didukung aplikasi smartphone yang dapat mempermudah penumpang pesawat atau pengunjung bandara mencari lokasi parkir, memesan tempat parkir inap, melakukan reservasi taksi, melihat jadwal penerbangan dan lain sebagainya.

Bahkan, lanjut Awal, Terminal tiga juga dilengkapi dengan 64 konter imigrasi, masing-masing 32 konter imigrasi di keberangkatan dan kedatangan. Selain itu juga terdapat total 32 autogate imigrasi, di mana masing-masing 15 autogate imigrasi di keberangkatan dan 17 autogate imigrasi kedatangan.

“Kita juga sudah menerapkan common use check-in counter system yang juga sudah diterapkan bandara terbaik di dunia,” ujar Senior General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta, M Suriawan Wakan.

Pada security check point sebelum memasuki area imigrasi terdapat 12 unit x-ray dan dari dua unit body scanner, akan ditambah total menjadi enam unit body scanner guna mendukung terwujudnya keamanan serta keselamatan saat di terminal maupun pesawat.

Sejumlah tenant makanan dan minuman juga sudah ramai membuka gerainya untuk melayani kebutuhan para penumpang pesawat rute internasional ini dan pengunjung terminal.

Untuk mendukung pengoperasian tersebut, Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah melengkapi berbagai fasilitas pendukung yang sudah dialokasikan di Terminal tiga, seperti check-in counter, free wifi, free internet booth, free charging booth, contact stand, ground support system (GSS), dalam waktu dekat juga akan tersedia self check-in di Internasional.

"Prinsipnya pelayanan di Terminal tiga dipastikan akan lebih baik, sehingga akan memberikan nilai tambah bagi pengguna jasa bandara," ujar Wakan.

Menyusul selain Saudi Arabian Airlines, dalam waktu dekat akan ada beberapa airlines yang juga akan memindahkan operasinya di Terminal tiga, diantaranya Vietnam Airlines, Korean Air dan Xiamen Air.(*)