SPORTOURISM-Belum lama ini, crosser asal Australia, Robbie Maddison melakukan aksi yang super gokil, yaitu berselancar dengan motocross.

Atlet professional olahraga ekstrem ini sukses bikin banyak orang ternganga saat dirinya berselancar di Pantai Tahiti, Perancis, dimana Ombak di pantai itu bisa setingggi 6 meter dan sangat berbahaya bagi para surfer.

Pria yang dijuluki ”Maddo”, dalam aksinya menggunakan sepeda motor KTM 250 SX 2-tak, melewati gulungan ombak hingga berselancar di pinggiran pantai serta kawasan rawa.

Pakaiannya pun lengkap, seperti layaknya biker motocross yang menggunakan apparel khas, lengkap dengan helm ”cakil”, sepatu boots, hingga sarung tangan.

Kerja keras Robbie akhirnya berbuah manis. Robbie berhasil mengukir sejarah sebagai orang pertama di dunia yang berhasil melakukan surfing dengan motor.

“Sesuatu terbersit dalam kepalaku, aku membayangkan bermain ski dan berkendara di air menggunakan motor. Itu merupakan khayalan yang bodoh, tetapi aku selalu mencobanya dan akhirnya bisa menjadi kenyataan,” ujar Maddo.

Dirinya membutuhkan waktu dua tahun untuk mempelajari hal tersebut agar khayalan dia bisa menjadi nyata. Tidak hanya keahlian, pria berusia 35 tahun ini juga dibantu motor trail dengan papan ski dan ban khusus dengan tapak menyerupai dayung.

Sejak umur 8 tahun, Maddo yang lahir paa 14 Juli 1981 di Kiama, Australia memang sangat dekat dengan pantai. Dia sudah berselancar setidaknya selama 26 tahun. “Aku merasa nyaman dengan skenario ini karena aku sudah menghabiskan banyak waktu dengan berselancar,” katanya.

Sekilas tentang Maddo, dari dulu memang akrab dengan olahraga ekstrem, dimana ia memulai kariernya di ajang trik freestyle di Bachus Marsh, Victoria. Pada awal 2004 ia memenangkan Emas di X Games yang diadakan di Wonderland Australia setelah menyelesaikan 13 back flips.

Tak sampai disana, pada Mei 2005, Crusty Demons memberi Robbie kesempatan untuk memecahkan dua rekor dunia tentang sepeda motornya yakni rekor dunia Guinness 125cc-221 kaki rekor dunia jarak 250cc dengan trik-756 kaki (75 m) bergaya superman.

Setelah itu, dia memenangkan banyak event FMX internasional di seluruh dunia dan telah diakui sebagai salah satu pembalap FMX terbaik sepanjang masa.

Dirinya meman merupakan atlet frestyle olahraga ekstrem menggunakan motor trail, banyak rekor dunia ia pecahkan terutama dalam melakukan lompatan-lompatan di ketinggian. Sehingga tak jarang aksinya itu selalu mencengangkan dan ditunggu banyak orang.

Ia tak pernah puas, dan selalu mencoba hal baru untuk dilakukan, nah salah satunya yang terbaru adalah berselancar menggunakan motor yang ia lakukan dan berhasil.