Setelah diluncurkan awal tahun ini, platform perdagangan saham berbasis komunitas, Shares of the People, mengklaim melihat daya tarik organik yang positif seiring dengan peningkatan jumlah pengguna. Berdasarkan informasi dari Google Play, saat ini aplikasi tersebut telah diunduh oleh lebih dari 50.000 pengguna.
Kepada DailySocial.id, pendiri dan CEO Shares Rakyat Kevin Hendrawan mengungkapkan, aplikasi Shares People, sesuai dengan misi awalnya, ingin fokus mengedukasi masyarakat Indonesia tentang manfaat berinvestasi saham. Ini dilakukan dengan memprioritaskan layanan yang ramah pengguna sehingga mudah diakses.
Shares of the People tidak hanya ditujukan untuk generasi muda, tetapi juga untuk segmen pengguna yang lebih luas, seperti ibu-ibu muda, yang mulai tertarik untuk berinvestasi saham.
“Memulai awal tahun ini traksi kami bagus dan kebanyakan dari mereka datang secara organik. Banyak pengguna kami yang berasal dari komunitas kemudian menjadi trader aktif,” kata Kevin.
Luncurkan aplikasi versi Pro
Setelah sebelumnya aplikasi dirilis dalam versi Lite, kini Shares of the People telah merilis aplikasi versi Pro untuk memberikan fitur dan layanan yang lengkap. Masih di platform yang sama, pengguna yang sudah paham betul apa itu investasi saham dan semua pendukungnya bisa memanfaatkan versi Pro ini.
Bagi yang termasuk dalam kategori ahli atau profesional dan ingin melakukan perhitungan atau perencanaan yang lebih mendalam terkait jual beli saham, versi Pro bisa menjadi pilihan yang ideal.
Layanan Wealthtech versi premium ini sebelumnya telah dirilis oleh sejumlah developer antara lain Bibit, Bareksa, dan Moduit. Targetnya memang investor swasta profesional dengan aset besar.
“Aplikasi kami sederhana, cukup geser sakelar di pengaturan profil untuk beralih versi. Investasi saham adalah pasar yang sering berubah dengan cepat, sehingga kita perlu eksekusi cepat saat nilai saham sedang naik,” kata Kevin.
Salah satu fitur yang masih tersedia untuk pengguna adalah grup chat. Fitur ini masih menjadi pilihan pengguna yang sebagian besar merupakan komunitas, untuk saling berkomunikasi, berbagi informasi dan melakukan aktivitas lainnya secara online. Obrolan grup adalah ruang diskusi terbuka di mana pengguna dapat mengajukan pertanyaan dan dijawab langsung oleh analis keuangan Stock People, serta webinar untuk pelatihan analisis saham.
Melalui PT Samuel Sekuritas Indonesia yang telah mendapat persetujuan OJK, Saham Rakyat juga akan mendapat dukungan dari putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, sebagai brand ambassador.
Diminati ibu-ibu muda
Selain Jabodetabek, pengguna stok rakyat saat ini juga sudah menyebar ke Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Awalnya mencari untuk menarik lebih banyak pengguna dari generasi muda, perusahaan kebetulan menemukan grup baru untuk ditargetkan secara strategis, yaitu ibu muda.
Berawal dari edukasi media sosial tentang berinvestasi dengan aman dan menghindari investasi curang, Shares of the People kini memiliki trader aktif di kalangan ibu-ibu muda.
“Saat ini ada remaja putri sekitar 35-45 tahun yang aktif berdagang saham rakyat. Mereka sangat aktif dan cukup pandai berdagang. Mereka menemukan saham rakyat melalui media sosial, setelah kami mendekati mereka, mereka adalah pengguna kami sekarang. Kevin
Secara total, aplikasi Shares People telah diunduh oleh 100.000 pengguna, saat ini ada sekitar 70.000 trader aktif di Saham Rakyat. Tahun depan, perusahaan menargetkan menambah 1 juta trader aktif di People’s Stock. Sebagai platform yang bekerja seperti pialang saham online, Shares of the People menyediakan sekitar 800 emiten atau perusahaan publik untuk penggunanya.
Sumber :