SPORTOURISM - Sebelum berlari menuju kegiatan Car Free Day (CFD) di Rawamangun, Jakarta Timur, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, menyempatkan hadir membuka acara Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Fun Run yang diselenggarakan hari ini, Minggu (24/12), di kawasan Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat.

Dalam acara tersebut, Sandiaga juga mengajak warga untuk membiasakan berolahraga selama 30 menit sehari, selama minimal lima hari dalam satu pekan. Pria berkacamata ini mengatakan bahwa, salah satu olahraga termudah yang bisa dilakukan adalah lari.

"Saya memberikan tantangan untuk warga Jakarta, berolahraga lima hari seminggu, 30 menit," ujar Sandiaga usai melepas peserta IDI Fun Run 2017.

Sandiaga mrnambahkan, olahraga rutin bisa meningkatkan gaya hidup sehat dan mencegah penyakit berbiaya mahal, seperti stroke, jantung, hipertensi, dan lainnya. Menurut dia, biaya pengobatan untuk penyakit-penyakit itu sangat besar.

Senada dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jakarta Pusat Kemas Abdurrohim, mengatakan bahwa Anggaran Pendapat Belanja Negara (APBN) untuk mengobati penyakit Katastropi cukup besar. Untuk itu, ia mengajak masyarakat agar lebih rajin berolahraga.

"IDI Fun Run 2017 adalah kali yang pertama diselenggarakan, tahun depan semoga bisa lebih baik lagi. Tapi saya berharap, acara ini bisa diadakan setiap minggu agar masyarakat bisa mulai membudayakan gaya hidup sehat," ujar Kemas.