SPORTOURISM-Banyak nama daerah di dunia yang unik dan diluar nalar. Salah satunya, nama kota kecil bernama Chicken yang berada di pusat pertambangan daerah Fortymile, Alaska, Amerika Serikat.
 
Ada cerita menarik di balik penamaan kota ini. Hal itu bermula dari banyaknya traveler yang sering singgah dan menanyakan kepada para penambang nama kota tersebut.

Dulunya, pada tahun 1886, di wilayah pertambangan emas ini banyak burung ptarmigan yang berkeliaran. Sehingga kota ini diberi nama Ptarmigan. 

 
Namun karena nama itu sulit diucapkan, para penambang memutuskan daerah tersebut menjadi Chicken (ayam). Karena mereka beralasan Burung Ptarmigan mirip dengan ayam.
 
Semenjak itulah, setiap kali ada traveler yang singgah ke kota ini, mereka menyebutnya Kota Chicken. Kemudian, kisah penamaannya yang lucu ini diabadikan dalam sebuah patung ayam raksasa yang terbuat dari logam.

Sekarang, kota ini telah menjadi salah satu destinasi sejarah di Alaska. Para traveler yang ingin berkunjung ke sini bisa mengikuti tur sejarah Kota Chicken dan tambang emas. Sampai sekarang masih ada beberapa penambang emas yang masih bertahan hidup di kota ini.