SPORTOURISM - Kritikan dan cibiran sempat membuat Emanuel Santos terpuruk. Setelah dirinya membuat patung Cristiano Ronaldo, bukan pujian melainkan ejekan yang Emanuel terima. Hal itu, membuat pria 41 tahun itu bangkit dan membuktikan dengan memahat patung Cristiano Ronaldo yang terlihat lebih realistis.

Sang pematung, Emmanuel Santos bukanlah seorang artis. Awal tahun 2017 dia hanyalah seorang karyawan di sebuah perusahaan cleaning bandara. Emanuel hanya membersihkan puntung rokok dan membawa tas bagasi.

Meski pematung amatir, Emanuel membuat patung wajah Cristiano Ronaldo. Diperlihatkan ke publik berbarengan dengan pergantian nama Bandara Madiera, menjadi Cristiano Ronaldo International Airport, 29 Maret 2017.

Patung perunggu karya Emanuel tak mendapatkan respon positif. Ejekan justru lebih sering diterima dibandingkan pujian. Tak sedikit yang mencibir jika patung yang dikerjakannya selama 15 hari tak mirip dengan wajah CR7.

Setahun berselang, hasil pahatan Emanuel Santos tetap mendapat cemoohan. Reaksi negatif menjadi cambuk bagi Emanuel untuk membuat patung wajah Ronaldo yang lebih bagus.

Melalui sebuah mini dokumentar karya Bleacher Report Football, Emanuel kembali mengerjakan patung wajah kapten timnas Portugal. Setelah dikerjakan di workshop mini miliknya, cetakan patung tanah liat itu dikirimkan ke Cosme and Filhos Foundry, Porto, untuk diubah menjadi patung perunggu.

Patung baru bikinan Santos dipamerkan lewat Twitter oleh B/R Football. Patung itu memang tak bakal menggantikan pendahulunya yang sudah berdiri permanen di bandara Madeira. Tetapi setidaknya dengan ini Santos telah memulihkan reputasinya sebagai seniman.