SPORTOURISM – Gunung Agung telah ditetapkan berstatus Awas pada Jumat, (22/9) 20.30 Wita. Aktivitas Gunung Agung terus mengalami peningkatan akivitas vulkanik dan kini dalam status awas.

Menanggapi status Awas Gunung, Tjokorda Artha Ardana Sukawati Ketua PHRI Bali mengatakan, Walaupun ada travel advice dari beberapa negara, advice itu untuk tidak datang ke zona merah. Bukan peringatan untuk datang ke Bali tidak, pariwisata Bali masih berjalan dengan normal.

Pemahaman yang salah tentang travel advice telah memberikan pengaruh buruk bagi calon wisatawan.  Untuk itu, pria yang biasa dipanggil Cok Ace itu dengan timnya terus memberikan edukasi dan pengertian untuk calon wisatawan.

Salah satunya dengan video yang dibuat oleh wisatawan Jerman. Menceritakan bagaimana mereka menikmati liburan di Bali, dan juga memberitahukan bahwa status Awas Gunung Agung tidak berpengaruh di daerah yang berada di luar zona merah.

“Mengajak wisatawan ke Bali, karena selalu ada wisata yang menarik, ada beberapa spot yang bisa melihat Gunung Agung dengan bagus. Salah satunya di daerah Sanur. Masih banyak wisman yang menikmati liburan di Bali, jadi calon wisman tak perlu khawatir untuk datang ke Bali,” ucap  Ketua Badan Pimpinan Cabang (BPC) PHRI Bali periode 2015 sampai 2020 ketika ditemui di Kantor Dinas Pariwisata Provinsi Bali (28/09).