MEDAN – Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan mulai bergerak. Para mahasiswa baru, telah mendaftarkan diri sebagai member baru Generasi Pesona Indonesia (GenPI). Mereka mendaftar melalui kanal Genpi.co. Poltekpar Medan memperlihatkan totalitasnya untuk pariwisata.

Proses pendaftaran mahasiswa Poltekpar Medan sebagai anggota Genpi dilakukan Rabu (12/9). Kampus ini mengharuskan semua mahasiswanya menjadi anggota GenPI.

Menurut Pembantu Direktur III Poltekpar Medan Iwan Riadi mengatakan, proses pendaftaran dilakukan serentak.

“Proses pendaftaran sebagai anggota GenPI sudah mulai dilakukan. Pendaftarannya dilakukan serentak. Sudah banyak nama mahasiswa yang masuk. Sebab, kami minta semua mahasiswa untuk mendaftar,” ungkap Iwan, Rabu (12/9).

Sebagai kampus pariwisata, semangat Poltekpar Medan sejalan dengan GenPI. Yaitu sama-sama memajukan pariwisata. Apalagi potensi besar tentu dimiliki oleh Poltekpar Medan. Kampus ini total memiliki 1.300 mahasiswa. Aktivitas belajar mengajar ditopang 114 karyawan dengan 43 orang diantaranya dosen. Dari total dosen, 35 nama diantaranya sudah tersertifikasi. Lalu, sisa nama lainnya masih dalam tahap pengajuan.

“Kami saat ini fokus ke pendaftaran anggota. Secara prinsip tidak ada deadline pendaftaran anggota baru. Tapi, kami berharap pendaftaran ini bisa selesai semua sebelum launching GenPI Poltekpar Medan dilakukan,” terang Iwan lagi.

Untuk menjadi member GenPI tidaklah sulit, tinggal klik genpi.co. Setelah itu, carilah kanal ‘Gabung GenPI’ pada sisi kanan atas laman. Jangan lupa isi formulir datanya secara lengkap. Lalu, klik ‘Daftar Sekarang’ atau ‘Submit’.

“Sejauh ini tidak ada kendala dalam proses pendaftaran member baru GenPI. Semua bagus dan mahasiswa terlihat sangat antusias,” katanya.

Ada banyak keuntungan menjadi member GenPI. Sebab, komunitas ini terkoneksi se-Indonesia. GenPI menawarkan benefit berupa creative values dan commercial values. GenPI juga memiliki space besar untuk mengeksplor kreativitas melalui content. Yaitu, artikel, foto, video, juga hasil kreativitas lainnya. Terpenting mencantumkan aspek 3A (atraksi, aksesiblitas, amenitas).

Member GenPI juga memiliki value secara ekonomi. Nantinya, Kartu Tanda Anggota (KTA) GenPI akan dibuat secara digital. Keuntungannya, pemilik KTA ini bisa menikmati beragam fasilitas diskon, games, juga lainnya. Iwan menjelaskan, ada banyak keuntungan yang didapat anggotanya. Sebab, GenPI ini jadi bagian dari proses pembelajaran mahasiswa.

“GenPI ini sangat bagus untuk proses pembelajaran mahasiswa. Semakin mengasah kemampuan mereka secara manajerial. Tapi kita masih menunggu launching. Tanggalnya belum ditetapkan. Kami saat ini masih menunggu konfirmasi dari pengurus GenPI ini. Mereka masih mematangkan komposisi orang-orang yang diduduk dalam formatur kepengurusan,” ujar Iwan lagi.

Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata Rizki Handayani, senang dengan respons Poltekpar Medan.

“Respons Poltekpar Medan sangat bagus. Mereka bergerak cepat. Mudah-mudahan mereka juga sigap dalam memajukan pariwisata Indonesia. Karena tenaga-tenaga militan seperti GenPI akan kita butuhkan,” paparnya.

Apresiasi juga diberikan oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

“Selamat datang kepada mahasiswa Poltekpar Medan yang bergabung sebagai anggota baru GenPI. Kami berharap, masuknya Poltekpar Medan semakin menguatkan branding dari pariwisata Indonesia,” tutupnya. (*)