sportouris - Ajang sport tourism lagi-lagi menjadi ujung tombak untuk mendukung kepariwisataan. Terbaru, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) akan mendukung Padjadjaran Fun Bike 2018 di Kota Bandung, Sabtu, 14 Juli 2018.

Event tersebut merupakan besutan Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran (IKA UNPAD). Ketua pelaksana kegiatan, Ari Wibowo mengatakan, Padjadjaran Fun Bike 2018 digelar untuk menyalurkan hobby para pencinta olahraga khususnya bersepeda. Selain itu untuk mempererat tali silahturahmi antar alumni dan seluruh civitas akademik Universitas Padjadjaran.

"Banyak hal yang kita akan tonjolkan pada event ini. Selain untuk mempererat tali silahturahmi antar alumni serta civitas akademik Universitas Padjadjaran. Event ini juga bertujuan mengedukasi masyarakat tentang kebersihan lingkungan. Sehingga dapat membantu mewujudkan program Citarum Harum," kata Ari Wibowo, Senin (21/5).

Event tersebut dijamin paten. Para peserta akan di bawa bersepeda santai menyusuri jalan-jalan kota Bandung. Selain itu peserta juga diedukasi untuk menjaga lingkungan dari sampah plastik sekaligus mendukung program Citarum Harum.

Uniknya edukasi ini dilakukan melalui kuis-kuis interaktif. Hadiah yang disuguhkan pun cukup menarik. Selain itu panitia juga menyiapkan reward untuk 10 peserta yg dinilai bagus menurut kriteria yang telah ditetapkan panitia.

"Target kita, jumlah peserta yang akan mengikuti event ini sekitar 1000 peserta. Terdiri dari 70% Keluarga Universitas Padjadjaran, serta 30% Umum. Dengan biaya pendaftaran Rp. 50.000, peserta akan mendapatkan kaos, snack, dan air minum," ucap Ari.

Lebih lanjut Ari menambahkan, kedepan event ini akan rutin dilaksanakan setiap tahun. Sehingga menjadi event yang berkelanjutan untuk mengedukasi masyarakat tentang pola hidup sehat. Ari pun berterima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat. Baik itu pemerintah, lembaga dan masyarakat.

"Ini merupakan event pertama dan akan berlanjut di tahun berikutnya dengan peserta yang lebih banyak lagi. Apalagi dengan banyaknya dukungan dari berbagai pihak, terutama yang terlibat langsung sebagai peserta," imbuh Ari.

Kepala Bidang Pemasaran Area I Kementerian Pariwisata, Wawan Gunawan mengatakan, event  ini sangat positif karena bertujuan mengedukasi masyarakat untuk berperilaku hidup sehat. Dengan mengedukasi pesertanya untuk peduli dan menjaga lingkungan sekitar dari sampah-sampah. Hal ini tentu sejalan dengan program Kemenpar yang menitik beratkan pariwisata yang berkesinambungan.

"Tujuan event ini sangat positif menjadikan masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya, terutama keluarga Universitas Padjadjaran peduli dan menjaga lingkungan sekitar. Diharapkan pula seluruh peserta paham, mulai mempelajari dan menerapkan tentang program Citarum Harum. Lebih penting lagi peserta sadar akan pentingnya gaya hidup sehat," ujar Wawan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun mengapresiasi event tersebut. Menurutnya meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan merupakan tugas bersama. Karena tidak bisa dipungkiri sampah merupakan salah satu musuh utama pariwisata.

"environment  sustainability  atau tourism  sustainability  menjadi isu global dan menjadi  perhatian masyarakat internasional. Dengan itu event-event semacam ini akan terus kami dukung. Sehingga proses penyadaran masyarakat akan semakin cepat," ujar Menpar Arief Yahya. (*)