SPORTOURISM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ternyata punya kenangan tersendiri tentang keindahan alam Sumatera Barat dan Rumah Gadang khas Minangkabau.

Hal itu terungkap saat dirinya hadir di puncak acara Hari Pers Nasional (HPN) yang bertempat di Danau Cimpago, Kota Padang, Jumat (9/2/2018).

Jokowi bercerita, saat dirinya masih muda ketika itu hendak mendaki Gunung Kerinci melewati Solok Selatan, Sumatera Barat, 34 tahun lalu.

"Bapak-Ibu sekalian yang saya hormati, saya cerita sedikit. Jadi tahun 1983 ada anak muda, naik bus tiga hari dari Jawa menuju ke Padang, kemudian naik ke Solok, Solok Selatan, kemudian menuju ke Gunung Kerinci melalui Solok Selatan," katanya.

Saat di Solok Selatan, sambungnya, Jokowi muda terkagum pada keunikan dan keindahan Rumah Gadang, khas Minangkabau. Ketika akan mendaki gunung tertinggi di Sumatera ini, Jokowi muda terkagum pada kecantikan Rumah Gadang.

"Saat itu, anak muda ini kagum akan Rumah Gadang yang ada di Solok Selatan. Dan saat itu anak muda tersebut adalah yang ada di depan Bapak-Ibu semuanya," kata Jokowi.

"Jadi saya ingat betul waktu naik Kerinci, lewat Solok Selatan, kekagaguman saya akan rumah tradisi, rumah adat yang sangat cantik dan indah sekali," ujar Jokowi.