SPORTOURISM- Ada banyak hal dan lebih bermanfaat yang bisa dilakukan oleh Anda ketimbang harus menyeruput secangkir kopi di Pagi hari sebelum melakukan aktivitas.

Walaupun memang mengonsumsi kafein yang terkandung pada kopi memiliki efek positif pada tubuh, namun jika dikonsumsi terlalu sering dan berlebih dapat memberikan efek buruk seperti mempengaruhi kesehatan jantung, membahayakan kesehatan janin serta merangsang produksi asam lambung. 

Nah, dibandingkan Anda mengonsumsi kafein secara terus menerus, lebih baik melakukan cara-cara yang lebih bermanfaat untuk membangunkan tubuh kita. Berikut ulasan bagaimana cara efektif menyelesaikan masalah di pagi hari dengan cara yang lebih baik : 

1. Bangun di waktu yang sama setiap hari 

Ketika akhir pekan datang, Anda dihadapkan pada kesempatan untuk bangun lebih siang. Namun, ternyata tubuh memerlukan waktu untuk beradaptasi di hari Senin sehingga terjadilah yang disebut ‘I hate Monday’.
Solusinya adalah dengan bangun di waktu yang sama setiap hari, tidak peduli apakah saat itu hari kerja atau weekend.
 
2. Berolahraga 
Melakukan olahraga di pagi hari akan menghindarkan kita dari perasaan mudah lelah dan pasti akan menyegarkan tubuh. Tidak perlu olahraga yang terlalu berat, kamu bisa memilih yoga, jogging atau jalan santai di kompleks selama kurang lebih 30 menit di pagi hari sebelum mulai beraktivitas.
 
3. Ekspos tubuh dengan sinar matahari
Aturlah agar tempat tidur kita mendapatkan akses pada matahari pagi, sehingga tubuh dibangunkan secara alami oleh sinar matahari.
Hal ini bisa membuat tubuh kita bangun lebih alami dibandingkan dengan sinar lampu buatan. Selain itu, sinar matahari banyak mengandung vitamin D yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.
 
4. Mandi dengan air dingin
Bagi sebagian orang, mandi dengan air dingin adalah ide yang tidak begitu baik. Namun, ternyata air dingin mampu menyegarkan dan membangunkan tubuh kita. 
Tidak masalah jika mandi dengan air hangat, namun di waktu-waktu terakhir, turunkan temperatur air menjadi lebih dingin dan basuhlah tubuh selama mungkin selama kamu bisa dengan air dingin.
 
5. Tidak mengonsumsi karbohidrat saat sarapan
Konsumsi karbohidrat dengan porsi yang cukup besar di pagi hari akan menyebabkan kita lebih mudah lapar dan mengantuk. 
Tentu kita tidak ingin memulai hari dengan mengantuk, bukan? Solusinya adalah dengan meminimalisir, bahkan meniadakan konsumsi karbohidrat saat sarapan. Kita bisa menggantinya dengan telur, sayur atau buah-buahan.
 
6. Luangkan waktu lebih untuk bersiap-siap
Jika kita akan pergi menghadiri pertemuan penting, tes atau kegiatan penting lainnya, pastinya ingin tampil maksimal. Kita bisa mencoba untuk tidur dalam jangka waktu yang cukup dan meluangkan waktu lebih untuk bersiap-siap agar tidak menghilangkan linglung setelah bangun tidur. 
 
7. Melakukan stimulasi otak
Luangkan waktu untuk mengasah otak. Bisa dengan mengisi teka-teki, sudoku atau mengerjakan permainan otak lainnya. Kegiatan ini akan menjadikan otak terasa lebih siap dalam menghadapi aktivitas pagi hari.