SPORTOURISM - Menjelang pergantian tahun, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), mengadakan kegiatan Fun Run yang diselenggarakan hari ini, Minggu (24/12). Mengambil tempat di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, acara yang baru pertama kali dilangsungkan ini, terlihat meriah karena ratusan pesertanya antusias mengikuti lomba lari berjarak 6,2 kilometer.

Acara IDI Fun Run dibuka oleh Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno, dan turut dihadiri Wali Kota Jakarta Pusat, Mangara Pardede. Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jakarta Pusat, Kemas Abdurrohim, mengatakan pihaknya sengaja mengadakan kegiatan ini untuk mengajak masyarakat mengubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat.

"Sebenarnya yang terpenting adalah gaya hidup, khususnya olahraga dan pola makan. Ini yang harusnya menjadi poin penting, bahwa gaya hidup sehat adalah budaya. Dengan membiasakan diri kita bergerak dan mejaga asupan makanan, maka otomatis tubuh kita akan sehat," ujar Kemas, kepada wartawan usai acara IDI Fun Run 2017.

IDI Fun Run 2017 merupakan agenda rutin tahunan dari Ikatan Dokter Indonesia. IDI sangat menyadari bahwa tren masyarakat pada zaman sekarang adalah ditengah kesibukan yang padat, pola hidup sehat sudah mulai sulit untuk diterapkan. Masyarakat sangat sulit sekali untuk benar-benar menerapkan pola hidup sehat. Bahkan dengan kemajuan teknologi seperti sekarang pun tidak benar-benar bisa membantu untuk penerapan pola hidup yang sehat.

Untuk itu, IDI sebagai satu-satunya organisasi kedokteran di Indonesia dan fokus di bidang kesehatan mengadakan acara Fun Run sebagai kampanye kepada masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat yang benar dengan rajin berolahraga.

Dengan mengusung tema “Ayo Sehatkan Jiwa dan Raga”, acara ini menempuh rute: Tugu Proklamasi – RSCM – Senen – Tugu Tani - Cikini dan berakhir Tugu Proklamasi. Di akhir acara, para peserta bisa mengikuti berbagai acara selanjutnya seperti Zumba, konsultasi kesehatan gratis, pengobatan akupunktur gratis, dan workshop bantuan hidup dasar.