sportourism.id - Perhelatan akbar Piala Dunia 2018 tidak akan seru jika tidak membicarakan dua sosok fenomenal saat ini yakni Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Dua mega bintang ini seolah bak magnet bagi penggila sepakbola baik di tanah air maupun di kancah internasional.

Pada Piala Dunia yang digelar di Rusia kali ini, dua sosok tersebut terus menjadi bahan perbincangan, seolah keduanya memang ditakdirkan untuk saling bersaing sehingga setiap aksi mereka selalu dibandingkan. Namun, untuk Piala Dunia kali ini kiprah Ronaldo dan Messi bak bumi dan langit. Bisa dibilang sinar Ronaldo lebih terang ketimbang Messi.

Ketika Portugal melawan Spanyol pada Sabtu (16/6/2018) dinihari Ronaldo bermain sejak menit awal pertandingan dan sanggup mencetak hat-trick alias tiga gol, meski diakhir laga kedua tim bermain imbang 3-3. Sementara itu, Messi mandul saat Argentina ditahan imbang Islandia 1-1, Sabtu (16/6/2018). Lebih ironis lagi, dia gagal mengeksekusi tendangan penalti. Berbeda dengan Ronaldo yang sukses mengkonversi tendangan penalti.

Bahkan, berdasarkan statistik dari keduanya pun sangat berbanding jauh. Ronaldo hanya mampu melakukan tembakan sebanyak empat kali dan tiga diantaranya berupa gol. Sedangkan Messi melakukan 11 kali tembakan ke gawang Islandia. Tapi sayang tak ada gol yang dia ciptakan.

Pada pertandingan kedua, Messi dan Ronaldo juga berbanding jauh. Ronaldo berhasil mencetak gol kemenangan usai Portugal menundukkan Iran 1-0, kemudian Messi gagal membawa kemenangan Argentina usai kalah telah 0-3 dari Kroasia. Atas hasil tersebut, kelanjutan nasib Argentina di Piala Dunia 2018 berada di ujung tanduk. Sementara bagi Portugal, mereka hanya membutuhkan hasil imbang kontra Maroko di laga terakhir fase grup untuk lolos ke 16 besar.

Top Skorer dan Pecahkan Rekor

Nama Ronaldo betul-betul cemerlang pada Piala Dunia 2018. Betapa tidak, bintang Real Madrid itu mampu mencatatkan diri sebagai top skorer pada kompetisi yang diadakan di Rusia itu dengan torehan empat gol. Hasil itu berdasarkan catatan dalam dua pertandingan terakhir yang dilakoni pria 33 tahun tersebut.

Tak hanya itu, Ronaldo juga mampu memecah rekor pencetak gol terbanyak di kancah internasional yang sebelumnya dicetak Ferenc Puskas. Ronaldo mampu mencetak 85 gol dari 152 pertandingan. Selain itu, dia berhasil menyamai pencapaian Ronaldo Nazario de Lima (Brasil), Uwe Seeler (Jerman), dan Miroslav Klose (Jerman) yang selalu mencetak gol dalam 4 Piala Dunia yang diikuti. Ronaldo melakukannya di Piala Dunia 2006, 2010, 2014, dan kini 2018.