sportourism.id - Pada perhelatan akbar Piala Dunia 2018, tim-tim Eropa menjadi leading sector tersendiri. Namun, ada satu zona yang menjadi perhatian pada penyelenggaraan Piala Dunia 2018 kali ini, yakni Asia.

Kawasan ini bukan hanya sekedar sebagai tim 'penghibur' semata, namun ada beberapa tim yang memang menjadi langganan masuk ke Piala Dunia. Sebut saja Arab Saudi dan Korea Selatan. Piala Dunia 2018 merupakan yang kelima bagi Saudi, negara bola papan atas untuk lingkungan Asia berkat kemampuan tiga kali juara.

Arab Saudi berada di Grup A bersama Rusia, Mesir dan Uruguay. Sayang, dalam dua pertandingan terakhir Arab Saudi tidak mampu menunjukan tajinya. Ketika menghadapi Rusia di laga awal Piala Dunia, Saudi harus tanduk dengan skor 0-5. Kemudian, melawan Uruguay kandas 0-1.

Dengan demikian, Saudi hanya mampu bertengger di peringkat tiga klasemen sementara dan belum mengoleksi poin. Kesempatan untuk lolos 16 besar masih ada peluang seandainya mampu menang di dua pertandingan terakhir.

Tim kedua adalah Korea Selatan (Korsel). Pada Piala Dunia 2018, Korsel bersaing dengan Jerman, Swedia dan Meksiko. Tim langganan Piala Dunia ini juga tidak mampu menunjukan penampilan gemilangnya. Tim asuhan Shin Tae-yong itu belum mengoleksi poin di Grup F karena kalah dalam dua pertandingan, yakni saat melawan Swedia (0-1) dan Meksiko (1-2).

Hal ini sesuai dengan prediksi sang pelatih yang mengaku tantangan besar bakal terjadi di Rusia. Selain kondisi cuaca, mentalitas dan teknik anak asuhnya menjadi pertaruhan yang tak mudah.

"Kami akan mengalami banyak rintangan. Kondisi itu membuat kami harus bekerja sangat keras. Butuh determinasi tinggi guna mengejar, setidaknya, sampai ke perempat final," sebut Shin Tae-yong seperti dilansir KoreaJoongAng Daily.

Lalu, ada tim Iran yang bergabung dengan Portugal, Spanyol dan Maroko di Grup B. Peluang Iran untuk lolos babak 16 besar masih terbilang besar mengingat di dua pertandingan sebelumnya mereka mampu menang atas Maroko 1-0 kemudian kalah 0-1 dari Spanyol. Saat ini Iran mengoleksi tiga poin, terpaut satu poin dari peringkat pertama Spanyol dan kedua Portugal.

Kemudian ada tim Australia yang berada di Grup C bareng Prancis, Peru dan wakil Eropa, Denmark. Australia juga tak mampu tampil maksimal setelah kandas ditangan Prancis (1-2) dan imbang melawan Denmark (1-1). Kesempatan untuk lolos pun terbuka lebar karena Australia masih menyisakan dua laga lagi.

Terakhir, Jepang wajib bekerja keras agar bisa lolos ke babak berikutnya kala berseteru dengan Polandia, Senegal dan wakil Amerika Selatan, Kolombia.