SPORTOURISM - Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) merupakan induk organisasi selam di bawah naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Kini, POSSI memiliki anak cabang yaitu Wanita Selam Indonesia (WASI).

WASI resmi dibentuk pada Rabu (7/3/2018). Dalam acara peresmian itu, Ketua Umum Pengurus Besar POSSI Mayjen TNI Mar (Purn) Buyung Lalana melantik Tri Suswati sebagai Ketua WASI. Terlepas dari dunia selam, Tri merupakan istri dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Menurut Tri, WASI merupakan wadah bagi para wanita atau lady divers yang selama ini hanya bergabung di komunitas-komunitas diving di seluruh Indonesia. WASI mengajak segenap penyelam wanita untuk bergabung dan bersama-sama menjalankan program untuk memajukan dunia penyelaman di Tanah Air.

Tri mengakui, jumlah penyelam wanita semakin banyak di Tanah Air. Namun ia menyayangkan karena selama ini mereka bergerak sendiri-sendiri tanpa terorganisir. Maka dari itu, kehadiran WASI diharapkan bisa menjadi titik awal menuju selam Indonesia yang lebih baik.

WASI bukan wadah bagi komunitas penyelam wanita, tapi tempat untuk segenap wanita penggiat kegiatan menyelam. Meski baru satu hari terbentuk, WASI sudah memiliki banyak member.

"Yang gabung dari Bhayangkari saja sudah 100 lebih. WASI bukan wadah untuk komunitas. Kasihan dong nanti yang tidak punya komunitas. Intinya semua lady divers bisa bergabung," kata Tri kepada Sportourism usai pembukaan Deep & Extreme Indonesia 2018 di di Hall B, Jakarta Convention Center (JCC) pada Kamis (8/3).



Dalam pameran tersebut, WASI juga membuka stand promosi. Jadi, bagi Sahabat Sporto yang penasaran dengan WASI, bisa datang ke JCC untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya. Selain itu, di sana juga pengunjung juga bisa berbelanja perlengkapan menyelam dengan beberapa penawaran menarik.