SPORTOURISM - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta, memamerkan delapan ikon Betawi dalam ajang 'Art Stage Jakarta Week 2017' yang digelar di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan, 7-13 Agustus.

Sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 229 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pelestarian Kebudayaan Betawi, delapan ikon tersebut terdiri dari ondel-ondel, kembang kelapa, ornamen gigi balang, baju sadariah, kebaya kerancang, batik Betawi, kerak telor, dan bir pletok.

Kepala Unit Pengelola Museum Seni Jakarta, Esti Utami mengatakan, event internasional ini merupakan salah satu kesempatan untuk memperkenalkan Budaya Betawi di kancah dunia.

"Art Stage Jakarta Week ini diikuti peserta dari berbagai negara. Kami berharap budaya Betawi yang kita pamerkan akan dikenal di luar negeri, tidak hanya di Jakarta," ujar Esti.

Dia menambahkan, event seperti ini bisa membuka kesempatan bagi seniman Indonesia untuk bekerja sama dengan seniman lainnya di kancah Internasional. "Mudah-mudahan Art Stage Jakarta ini menjadi pintu bagi Indonesia agar lebih mendunia, terutama budaya Betawi," katanya.