SPORTOURISM – Kecenderungan traveler menggunakan perangkat digital ternyata bukan sekadar efektivitas waktu, melainkan gaya hidup. Sekarang, banyak wisatawan lebih memilih mencari informasi menggunakan jari mereka ketimbang datang ke travel agent.

Era digital memang membuat semua orang lebih mudah. Tak terkecuali saat wisata. Ternyata para ‘traveler zaman now’ lebih suka memainkan gadget mereka saat ingin bepergian. Hal ini terungkap pada survei Travelport dalam The Global Digital Traveler Research yang dirilis Selasa (14/11) di Plataran Menteng, Jakarta Pusat.

Hasilnya sebanyak 93% warga Indonesia yang menjadi responden memilih menggunakan video dan foto atau postingan media sosial teman mereka dalam mencari informasi perjalanan.

Sahabat Sporto salah satu di antaranya? Masih ada lagi ternyata beberapa fakta menarik lainnya. Berikut ulasannya.

1. Research Sebelum Travel

Selain fakta yang telah disebut di atas, ada fakta lain. Sebelum melakukan perjalanan, traveler digital kini lebih canggih. Saat merencanakan keberangkatan pelancong ini lebih suka research lebih dulu. Menggali lebih banyak akan tempat yang akan dituju, apa yang menarik di sana, dan hingga kuliner popularnya.

2. Smartphone yang Paling Popular

Dibanding menggunakan perangkat elektronik besar, traveler sekarang lebih suka memakai perangkat genggam, yaitu smartphone. Hanya butuh waktu 5-10 menit, kita bisa dengan mudah memiliki perjalanan impian hanya dengan memainkan jari jemari. Unduh aplikasi atau sekadar melakukan pencarian di mesin pencari online. Sebanyak 68% dari survei menunjukkan responden menggunakan mobile device mereka saat booking perjalanan.

3. ”Google, pantai terdekat dari…”

Yup, traveler jaman sekarang memang paling suka menggunakan voice search saat ingin bepergian. Sebanyak 71% pelancong menggunakan media ini saat mencari informasi perjalanan. Sisanya, masih melakukan pencarian dengan mengetik apa yang ingin mereka cari. Bahkan statistik lebih lanjut menunjukkan Indonesia negara kedua yang tertinggi melakukannya setelah China.

4. Harus Ada WiFi!

Karena kemajuan teknologi tersebut kebutuhan pelancong kini tak hanya sekadar kenyamanan dan akomodasi lainnya, melainkan juga permintaan WiFi. Besarnya penggunaan peralatan elektronik membuat mereka butuh sarana WiFi untuk mengakses apa yang mereka inginkan hingga kebutuhan upload ke media sosial. Persentasenya sendiri cukup besar, 63% pelancong lebih memilih hotel yang dilengkapi dengan fasilitas ini.

5. Update Media Sosial

Nah, semakin banyak pengguna media sosial semakin banyak juga orang yang senang update. Di mana pun mereka berada hingga kegiatan apapun pasti akan diunggah ke akun pribadinya. Tak heran, semakin banyak juga digital yang hobi fotografi. Karena ini menunjang postingan mereka dalam akun pribadinya.

6. Stay in Touch Selama Di Perjalanan

Fakta menarik di tengah kesibukan pelancong dengan smartphone mereka, ternyata hasil survei menunjukkan 84% traveler Indonesia masih senang tetap bersama-sama saat di perjalanan. Selebihnya, masih tergantung dengan perangkat genggamnya.

7. Review Perjalanan

Setelah melakukan perjalanan, biasanya traveler juga jadi suka review tempat maupun pesanan melalui aplikasi booking yang mereka gunakan. Ada 80% pelancong suka melakukannya untuk menambah referensi bagi orang lain. Alasannya, hal ini membantu pengguna lain yang ingin melakukan perjalanan dengan informasi-informasi yang ada, baik itu positif atau negatif.