SPORTOURISM – Siapa yang tak kenal dengan kota istimewa ini? Kota yang dijuluki dengan sebutan kota Sejuta Seni dan Budaya. Tidak hanya terkenal dengan Seni dan Budayanya saja, kota ini juga terkenal dengan wisata alam dan pariwisatanya oleh wisatawan dalam negeri maupun wisatawan luar negeri.

Saya selalu jatuh cinta pada setiap sudut kota indah ini, semua yang ada di dalamnya selalu membuat saya tidak pernah mau beranjak dari sana. Apakah kau juga sama? Alam wisata di Yogya bisa membuat mata Anda silau terkagum - kagum, entahlah kurasa Yogya memang berbeda dengan kota lainnya.

Kota ini memiliki ciri khasnya sendiri, tentang jalanannya yang rapi, masyarakatnya yang ramah, seninya yang indah, cuacanya yang panas namun tetap terasa sejuk, juga tentang semua isinya yang tidak pernah bisa didapatkan di kota lainnya.

Prambanan, Yogyakarta

Wisata yang terkenal di Yogya yaitu Candi, ada banyak candi di sana. Namun yang paling terkenal adalah Candi Prambanan, Candi Borobudur, dan Candi Boko. Candi ini peninggalan bersejarah Hindu-Budha yang kini dijadikan sebagai tempat wisata.

Tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia dan masyarakat Luar. Ada yang ingin menikmati pemandangannya, ada yang ingin mengetahui sejarahnya, dan ada juga yang hanya ingin berfoto di sana. Di antara 3 Candi ini yang menarik buat saya adalah Candi Prambanan, alasannya karena saya suka melihat bangunan Candi Prambanan yang menjulang tinggi ke atas.

Rumah Seribu Kayu, Mangunan Dlingo, Yogyakarta

Lalu tempat wisata di Yogyakarta yang tak kalah menariknya adalah Rumah Seribu Kayu (Negeri Dongeng) tempat ini sama ramainya seperti Candi Prambanan, padahal perjalanan menuju tempat ini lumayan jauh, tapi tempat wisata yang satu ini tidak pernah sepi pengunjung di hari libur atau hari biasa pun Rumah Seribu Kayu selalu ramai.

Mungkin alasan mereka kenapa mau pergi ke sini karena tempat wisata ini bagus, bukan hanya bagus tapi juga sejuk karena di sana banyak pohon pinus. Sebenarnya tempat ini sama seperti tempat wisata lainnya hanya untuk berfoto namun yang menjadikannya beda adalah suasana dan alamnya.

Gumuk pasir, Parangkusumo Yogyakarta

Dan selanjutnya Tempat wisata di Yogya yang saya suka adalah Gumuk Pasir di Parangtritis ketika kita pergi ke sana rasanya seperti kita berada di gurun pasir. Tentu di sana panas, semuanya pasir, bukit-bukit yang menjulang tinggi pun dipenuhi pasar.

Tapi walaupun panas kita pasti merasa puas karena pemandangannya tidak merugikan. Tempat ini biasa dipakai untuk sandboarding. Gumuk pasir akan terlihat lebih menawan jika kita datang pada saat sore hari ketika senja akan tiba.

Yogya selalu berkesan, dan selalu punya cerita, selalu punya kenangan.  Yogya adalah tentang rindu, siapa pun yang pernah menginjakkan kakinya di sana pasti tidak ingin pulang. Dan Yogya tidak pernah membosankan karena Yogya selalu istimewa.

Penulis   : Asty Sulastri

Twitter    : astyyict

Intagram: astyyict

Facebook: Asty Sulastri