SPORTOURISM - Sebenarnya sedikit bingung mau mulai kisah travellingku dari mana yaaa…Bulan januari kemarin merupakan liburan perkuliahan. Berhubung udah semester yang semakin menua so angkataanku ngelaksanain PKL di semester ini. Uhhhh.. waktu liburan dirumah jadi tersita. Tapi seneng juga sih PKL buat ajang belajar sekaligus refreshing sejenak dari segala tugas, laporan dan praktikum yang seabrek.

Oh iya kita belum kenalan ya, main nyerocos aja nih aku. Afwan ya.. Namaku sebut saja fadil. Eitzzz jangan dikira nama fadil Cuma buat cowok ya. Aku ini cewek.. hehe. Cuma nama panggilannya aja yang kaya cowok.

Lanjut. Ana saat ini sedang menuntut ilmu di sebuah Universitas Negri di Madura, UTM (Universitas Trunojoyo Madura) namanya. Kenapa ana memilih kuliah disini? Ana milih kuliah disini sebab ingin belajar budaya baru. Oh iya ada yang bilang kalau Madura itu gersang.. No no no salah bangetsss gaess. Bagi ane Madura itu asri bangetss.. kalau gersang mana mungkin lah ada tanaman yang bias tumbuh di daerah ini. So jangan beransumsi aneh aneh sebelum kalian mencoba dan dating langsung kesini. Kutunggu kalian di Madura ya untuk mengskplor keindahan Madura. Yah itung itung jadi pemandu wisata gratis. J

Panjang bin lebar perkenalan ana… heheh maaf yehhh. Lanjut kisahku yah pemirsa.

 

Kemarin tepatnya Sabtu, 6 Januari 2018 ana melakukan PeKaEl alis praktek kerja lapang. Yah saat ini ana semester 5 menginjak semester 6 di wajibkan buat yang namanya PeKaeL. Pelaksanaannya dilaksanakan waktu liburan. Jadi bersabar aja meski jatah dirumah berkurang. Tapi nggak apa-apa lah namanya juga menuntut ilmu.

Oh iya kegiatan ini dilakanakan selama kurun waktu 1 bulan. Anggotaku terdiri dari Fajri, Alfin dan Putri. Kami berbeda ras 2 dari Jawa dan lainnya dari Madura. Jadi saat mereka bicara bahasa Madura ya anepun Cuma bias maggot manggut aja. Maupun sebaliknya. Kami melakukan PKL ini di Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Desa Torongrejo Kecamatan Junrejo Batu Malang. Berakhir penuh suka cita pokoknya. Dan disini kami mempelajari makna keluarga yang haqiqi. Bahkan kami punya istilah buat keluarga kami yaitu TriAlfafa diamana nama tersebut diambil dari nama panggilan kami. Kalau menurut ane inilah travelling sesungguhnya.

Meskipun diawal awal Penuh gejolak yang bikin kami jadi saling berdiam diri. Semuanya dimulai karena gara-gara aku karena berangkat ke tempat PKL nya kemalaman. Janjian siang kumpul di terminal Surabaya, tapi aku tiba dilokasi sore hari hamper jam 17.00 wib. Hikz bukan bermaksud buat telat. Karena memang ada kepentingan mendadak. Dan paling gopohnya hari itu aku belum packing-packing. Hikz yah buat pelajaran aja untuk ana dan kalian semua.

Kalau mau pergi travelling persiapkan sebelum hari H, Agar tidak mengecewakan orang lain. Lalu kamipun memutuskan untuk naik Mobil Online. Alhamdulillah kami sampai disana kurang lebih jam 20.00 WIB. MasyaAllah ndak bisa  bayangin kalau kami naik bis biasa kesana sambil bawa barang banyak. Disana kami disambut dengan penuh sukacita. Kami singga di kediaman bapak Suliono selaku Sekertaris Gapoktan Torong Makmur. Jadi kami harus bermalam disana dah.

 

Lanjut keesokan pagi nya kami diantar ke secret gapoktan. Kami memilih tinggal disana karena alasan ingin mandiri dan lebih tepatnya berhemat. Heheh. Yah maklum kan mahasiswa gitu. Uang aja masih minta ke ortu dan Negara. Paling seru kami kesaana diantar naik pick up. Hmmm, masyaAllah jarang-jarang naik beginian dengan disuguhi pemandangan alam yang Subhanallah keren bangets. Akhirnya kurang lebih 15 menit kami sudah tiba di lokasi. Kamipun beres-beres tempat tersebut karena memang kotor sekali dan jarang ditempati. 

Tak henti-henti nya mulut ini mengucapkan nama-nama Allah. Karena memang pemandangan yang begitu menakjubkan. Lah gimana tidak. Lokasi kami memang berada diantara pegunungan. Dengan hamparan hijau-hijau. Mata ini dimanjakan dengan lukisan Allah yang keren abis. Setiap hari kami bergelut dengan tanah dan sayuran. Yah maklum namanya juga fakultas pertanian, yah yang beginian mah udah biasa. (Fadil sok sok an yahh).

Kami awalnya agak sedikit ada permasalahan terkait dengan keuangan yang mepet. Yah jadi buat jalan-jalan aja pasti di undur terus. Tapi Alhamdulillah rezeki yang tak disangka-sangka. Kami dapat tawaran oleh pak dekan. Beliau adalah dosen kami yang sedang melakukan supervise setiap tempat PKL yang ditempati anak-anak. Kami diajak jalan-jalan mulai dari perusahaan agrokusuma. Disini juga keren banget perusahaanya. Tau nggak produk minuman Siplah itu dari sini loh. Disini juga ditawarkan buat petik buah seperti apel, teh, dan buah naga. Sok atuh recommended deh buat traveler semua. Cocok juga buat pecinta selfi yang suka paronama berhubungan dengan pertanian disini tempatnya.

Selanjutnya kami melakukan perjalanan ke Highland Strawberry. Disini juga tak kalah bagus juga. Lokasi nya berada di Pujon Desa Pandesari. Cukup dengan bayar Rp. 15.000. Kalian bias petik strawberry dan dapat segelas jus strawberry. Nyammy kan? Tapi kami nggak perlu bayar hehe. Maklum kami jalan-jalannya bareng sama pak dekan jadi dapat gratisan deh. Nikmat mana yang kau dustakan? Jadi ingat salah satu ayat tersebut di Ar-Rahman.

Oh iya disini kalian juga bisa foto selfie yah. Jadi nggak nyesel pokoknya. Apalagi lokasi nya bersebelahan dengan paralayang loh. Kata nya sih rame banget disana. Dan disana cocok buat lihat sunrise. Tapi sayangnya kami ndak mampir kesana karena waktu yang membatasi kami. Hikz. Loka ini juaga dekat dengan bukit rabbit. Yang katanya juga bagus banget. Silahkan mampir kesana buat pecinta travel dan selfie maniak.

Lanjut trip ke suatu perusahaan benih di Pujon juga. Disini sangat dijaga privasi nya. Bukan untuk tempat wisata. Tapi pemandangan juga keren kok. Banyka lahan-lahan yang ditanamni tanaman sebagai percobaan. Sedikit cerita tentang perussahaan tersebut yah.

 

Oh iya buat teman-teman yang mau berkunjung kesini bisa naik angkutan umum. Untuk aksesnya juga cukup mudah dan terjangkau. Untuk yng sering mabuk jangan lupa bawa obat-obatan pribadi ya.. Jalannya berkelok-kelok soalnya.

Rezeki yang tak terduga lagi kami diajak jalan-jalan sama pak sutejo selaku ketua Gapoktan. Kami diajak jalan-jalan ke selekta. Kalau yang satu ini kalian sudah pernah apa belum? Wajib kalau ke Batu dating kesini. Kalian akan disguhi dengan pemandangan berupa bunga, outbound, dan kolam renang. Cocok juga kalau ngajak keluarga karena banyak wahana buat anak juga. Huhu apalagi buat pecinta selfie, recommended banget yaahh.

Akhir PKL kamipun memutuskan berjalan-jalan ke Alun-Alun Batu. Hukumnya lebih wajib lagi kalaua dating kesini. Jujur saja menurutku alun-alun ini lebih indah daripada alun-alun di pusat kota. Kalau malam lebih keren lagi. Banyak hiasan lampu kerlip-kerlip dan ada keranjang yang berputar putar. Wisata yang murah meriah. Karena tak perlu bayar, tapi ya tetep perlu bawa uang yaa. Sebab banyak penjual yang berjualan disana. Hmmm.. Yang bikin aku sedikit miris disana banyak pasangan berdua-dua an. Jadi buat yang belum punya pasangan kaya saya bawa kacamata hitam yah.

Selama di Malang kami Cuma berkunjung ke tiga tempat tersebut saja. Tapi Alhamdulillah semua yang kami panningkan terwujud. Yah akhirnya kami harus pulang ke kampong halaman dan saling berpisah ke kota masing-masing. Aku ke Jombang,Putri ke Nganjuk, Fajri ke Bangkanlan dan Alfin ke Sumenep. Dari kisah ini aku belajar sesuatu bahwa setiap ada tangisa pasti akan terselip tawa. Tapi jangan terlalu tertawa karena. Karena tertawa yang berlebihan akan menimbulkan kemdharatan.

Oke sampai ketemu lagi dikisahku selanjutnya yaahh…

Jangan bosen-bosen.. Kalau mau main ke Jombang atau Madura monggo bisa menghubungi saya.. InshaAllah di jombang juga banyak tempat yang indah buat pecinta traveler.. Bye!!!

 

Nama : Siti Nur Fadilah

No. Wa : 081515383896

Fb        : Fadilah (Al-Fath Galeria)

Ig         : syinufa_dilah

related posts