SPORTOURISM - Kandangan akhir-akhir ini mempunyai banyak spot foto yang menarik dengan latar belakang pemandangan alam, sehingga mengundang decak kagum juga penasaran. Ada empat tempat wisata dengan letak berjauhan yaitu Puncak Batu Bini, Puncak Payung, Puncak Palawan atau Bukit Palawan, dan Puncak Halinjuangan.

Namun, dari empat puncak tersebut yang paling sering dikunjungi adalah Bukit Palawan. Bukit Palawan, obyek wisata ini terletak di Desa Mawangi Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan. Merupakan salah satu wisata yang sekarang terkenal dan sedang booming di media sosial Instagram.

Pemandangan indah dan memesona alam, dikelola oleh Karang Taruna desa setempat, berjarak 14 km dengan jarak tempuh santai 30 menit dari Pusat Kota Kabupaten HSS, Kandangan. Dalam perjalanan menuju puncak Palawan, kalian dapat menikmati pemandangan yang segar dipandang mata. Lokasinya yang berada di kawasan Pegunungan Meratus, nyaman ditempuh baik menggunakan roda dua ataupun empat, cocok juga untuk wisata keluarga dan teman.

Kupu-kupu Bukit Palawan

Setelah sampai di Desa Mawangi, pengunjung bisa memarkirkan kendaraannya di tempat yang sudah disediakan pengelola. Biayanya cukup murah, membayar Rp 5 ribu untuk parkir kendaraan sekaligus tarif masuk, karena berdua menjadi Rp 10 ribu.

Untuk menuju puncak, harus berjalan kaki dengan jalanan menanjak 15 hingga 20 menit dengan kemiringan dari 30 derajat hingga 60 derajat, yang oleh pengelola telah disediakan pegangan dari bambu dan beberapa bagian jalanan berundak yang telah disemen.

Memang menguras tenaga apalagi yang tidak terbiasa mendaki seperti aku. Tapi anggap saja ini olahraga untuk membakar kalori. Setelah sampai, kepenatan kalian pasti terbayar dengan pemandangan yang luar biasa dan beragam spot untuk berfoto ria bersama keluarga atau pasangan.

Bukit Palawan

Kalau aku sih bersama pasangan, hehe. Di sini beragam sekali spot untuk berfoto, mulai dari spot lanting (rakit) terbang, gembok cinta, rumah tarzan, replika helikopter, kupu-kupu, sarang burung, becak dengan latar belakang pesona pegunungan Meratus, gardu pandang, dan lainnya.

Kalian tidak hanya sekedar berfoto saja tetapi langsung bisa menikmati panorama alam perbukitan yang elok. Obyek wisata ini menjadi daya tarik yang besar bagi warga lokal maupun dari luar daerah. Tempat ini tidak pernah sepi pengunjung dari buka pagi hingga sore, bahkan karena menjadi tempat yang favorit pengunjung harus mengantre dulu dengan pengunjung lain jika ingin berfoto di spot.

Lokasinya yang tertata rapi dan asri, kenyamanan dan keamanan pengunjung menjadi perhatian penting pengelola. Keberadaan destinasi wisata ini menghidupkan urat nadi perekonomian desa dengan tumbuhnya warung-warung yang menjual makanan minuman untuk para pengunjung.

Sarang burung di Bukit Palawan

Begitu pun tak ketinggalan penjualan souvenir khas daerah setempat. Kalian pasti akan takjub. Wisata baru yang sangat kekinian mirip dengan destinasi wisata yang ada di Jogja. Walaupun mirip tapi keindahan ini tetap memukau. Jadi ayo mampir, kunjungi wisata cantik ini pastinya kalian bisa berselfie keren.

Penulis : Indah Khairunisa

Fb : Ading Chacha