SPORTOURISM – Pagat (dalam bahasa Banjar) artinya putus. Pagat Batu Benawa adalah obyek wisata alam yang berada di kaki Bukit Batu Bini, Desa Pagat, Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan. Berjarak sekitar 7 kilometer dari Kota Barabai dengan perjalanan sekitar 15 menit.

Terdiri dari bukit, sungai, dan gua yang dapat kita jelajahi. Cukup bayar parkir 3 ribu rupiah dan 5 ribu rupiah untuk masuk menikmati suguhan khas dari obyek wisata ini. Setelah kita memasuki pintu masuk, kita dapat menemukan sebuah dinding yang menceritakan sejarah terjadinya Pagat Batu Benawa.

Pagat Batu Benawa

Lukisan yang terdapat di dinding ini memiliki cerita yang hampir sama dengan Malin Kundang. Konon, legenda tersebut menceritakan anak yang durhaka kepada ibunya, anak tersebut bernama Raden Panganten dan ibunya bernama Diang Insun.

Menurut cerita yang berkembang bahwa kapal yang ditumpangi Raden Panganten beserta istri dan anak buahnya pecah belah menjadi dua karena doa ibunya yang terkabul. Sebab Raden Panganten telah durhaka kepadanya, satu pecahan dari kapal tersebut yaitu gunung yang ada di wisata Pagat ini dan satunya lagi berada di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Pagat Batu Benawa

Sungai yang lebar dan berarus sedang menjadi daya tarik obyek wisata ini, bahkan ada yang menyewakan pelampung untuk anak-anak ataupun orang dewasa yang ingin mandi. Untuk menyeberangi sungai ini ada dua alternatif, yaitu lewat jembatan gantung atau melalui rakit bambu.

Kedua jalur ini mempunyai sensasi yang berbeda namun sama-sama harus membayar uang untuk bisa menyeberang. Kami sendiri memilih alternatif jembatan gantung dan membayar Rp 2 ribu per orangnya. Untuk menaiki bukit juga sudah dibangun tangga dari semen dan kayu, karena ingin mencoba kami memilih untuk masuk membayar Rp 5 ribu per orangnya.

Pagat Batu Benawa

Nah, di sinilah butuh fisik dan tenaga yang kuat. Asli di sini aku hampir tidak kuat, kelelahan amat aku rasa. Orang-orang juga banyak yang memilih berhenti sejenak di tempat peristirahatan yang telah disediakan sebelum ke puncak tapi karena penasaran jadi tetap aku lanjutkan.

Sesampainya di puncak, waah... keletihan terbayarkan dengan pemandangan yang menghijau dari pegunungan Meratus dan hamparan luas persawahan. Obyek wisata Pagat Batu Benawa sudah dilengkapi fasilitas seperti : musholla, taman bermain anak-anak, panggung hiburan, gazebo, toko souvenir, toilet, dan ruang ganti pakaian.

Jadi, aku recommend tempat ini buat kalian yang belum pernah kesini, terkenal dengan perpaduan keindahan alami pepohonan dan air sungai jernih yang menawarkan pesona alam yang masih asri. Dijamin kamu pasti puas, tempat wisata ini cocok buat para wisatawan.

Penulis : Indah Khairunisa

Fb        : Ading Chacha