SPORTOURISM – Perjalanan kita kali saat itu bukan berencana untuk rekreasi, tapi karena pada tanggal 21 Januari 2018 bertepatan dengan pernikahan teman sekantor, maka sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Tempat yang kami tuju adalah Banyuwangi.

Dan ternyata daerah yang berjuluk The Sunrise of Java itu mendapat penghargaan bidang pariwisata tingkat Asia Tenggara, Banyuwangi meraih ASEAN Tourism Standard Award pada 26 Januari 2018, lima hari setelah kunjungan kami ke darah tersebut.

Tak salah lagi, memang Banyuwangi memiliki pantai yang indah dan terjaga. Saat itu pantai yang sempat kami kunjungi adalah pantai Grand Watu Dodol (GWD). Dan memang GWD adalah salah satu destinasi yang menjadi titik penilaian, selain wisata bahari Bangsring Underwater.

Berbagai fasilitas menarik ditawarkan Grand Watu Dodol, seperti snorkeling, diving serta naik perahu yang dapat menuju ke pulau Tabuhan dan Menjangan bagi anda yang berminat.

Untuk akses ke GWD pun tidak susah, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti saya dan teman-teman tempuh. Naik kendaraan umum pun bisa, jika anda turun di pelabuhan Ketapang atau Stasiun Banyuwangi Baru tinggal turun di pintu masuk Grand Watu Dodol yang berjarak 2 km.

Karena kita anak zaman now, jadilah pemandangan yang indah di tepi pantai menjadi ajang berfoto, karena kami tak terlalu banyak waktu karena harus bersiap ke tempat acara, jadilah kita hanya bermain-main air di pinggir pantai berbatu melihat pemandangan dan perahu di depan tanpa ikut menaikinya. Dengan menikmati keindahan pantai dan deburan ombak, cukup membuat perasaan tenang dan melepas kelelahan hati dan pikiran yang menyita waktu.

 

nama : Ni'matul Mazidah

instagram : @mazidah.nikmah