SPORTOURISM - Institut Prancis Indonesia (IFI) dan Kedutaan Besar Prancis di Indonesia bekerja sama dengan Badan Pariwisata Prancis Atout France, kali ke-empatnya menggelar Festival International Prancis Good France 2018 yang dimulai serentak pada 21 Maret 2018.

"Chef berbakat dari berbagai negara akan menyajikan hidangan yang mencerminkan keunikan dan keberagaman cita rasa Prancis. Good France menjadi momentum untuk mengapresiasi gastronomi Prancis menjadi warisan budaya dunia," kata Duta Besar Prancis untuk Indonesia dan Timor Leste, Jean Charles Berthonnet saat jumpa pers Festival International Prancis Good France di Institut Prancis di Indonesia (IFI), Jakarta, (13/03).

Bagi masyarakat Prancis, grastonomi sebagai warisan budaya dan identitas diri. Hal ini karena makanan adalah sesuatu hal yang sangat penting. Hampir sama dengan di negara lainnya, tradisi makan-makan telah menjadi praktik sosial di dalam kehidupan. Salah satu yang selalu hadir ketika acara santapan berlangsung, yaitu wine.

"Wine tidak harus selalu ada di setiap makanan Prancis. Karena itu hanya sebuah budaya saja. Kita ngobrol, kumpul, bercerita kita biasanya ada wine," ujar chef Derk Visser sekaligus pemilik Fran's Bar & Smokehouse pada Sportoursim.

Good France 2018 akan hadir di 10 kota di Indonesia, di antaranya Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surakarta, Semarang, Surabaya, Bali, Makassar, Manado dan Minahasa dengn total 39 restoran partisipan dengan konsep variatif; bistro, konteporer dan haute gastronomie yang menawarkan aneka menu, khususnya khas Prancis.