SPORTOURISM - Ketika Sahabat Sporto membeli buah-buahan, apakah selalu memperhatikan label yang tertempel? Label ini merupakan sebuah kode Price Look Up (PLU) yang menjadi informasi mengenai kulaitas buah, khususnya buah impor.

Informasi mengenai kualitas buah yang kerap diragukan, seperti terdapat bahaya pestisida hingga lilin yang menempel pada buah impor sebagai pengawet, menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat.

Dikutip dari laman Halallifestyle.id, ada beberapa arti dari label buah yang harus Sahabat Sporto perhatikan dan ketahui. Jika kode berjumlah empat digit yang dimulai dari angka tiga atau empat, buah ini ditanam secara konvesional. Yakni dalam proses penanamannya menggunakan bantuan teknik agronis dan pestisida.

Sedangkan jumlah kode lima digit yang dimulai dari angka delapan, menujukan bila buah telah mengalami modifikasi genetika ketika dalam proses penanamannya. Jenis buah yang biasa dimodifikasi antara lain, pisang, papaya dan melon.

Selanjutnya, kode berjumlah lima digit yang dimulai dengan angka sembilan, buah ini kualitasnya lebih sehat. kode ini menunjukan, jika buah diproduksi secara alami tanpa menggunakan bahan kimia atau sejenisnya. Produk tersebut adalah pilihan buah yang lebih sehat dan terjamin kualitasnya.