SPORTOURISM - Wine adalah minuman beralkohol yang terbuat dari anggur yang difermentasi. Minuman tersebut terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya Red Wine, White Wine, Rose Wine, Sparkling Wine, Sweet Wine, dan Fortified Wine. Nah, bagaimana jika wine berikut ini terbuat dari kopi robusta asal Lampung?

Kopi Ghalkoff memproduksi sebuah minuman yang diberi nama Ghalkoff Wine Coffe. "Minuman ini terbuat dari kopi robusta Lampung yang difermentasi secara alami selama 17 hari," kata Chief Executive Officer (CEO), Khairullah. Menurutnya, kopi jenis ini pertama kali ada di Indonesia, bahkan dirinya pun sebelumnya belum pernah mendengar minuman wine kopi.  

Ghalkoff Wine Coffe mengandung caffeine yang sangat rendah, sehingga bagi pecinta kopi yang memiliki masalah pada lambung sangat aman untuk dikonsumsi. Selain itu, ketika Sahabat Sporto meminumnya akan menciptakan sensasi rileks.

"Meskipun menciptakan sensasi rileks, tapi minuman ini tidak memabukan. Zat tersebut tercipta karena kandungan enzim di dalam kopi, seperti halnya kopi luwak yang memiliki zat yang sama, namun Ghalkoff Wine Coffe kualitasnya lebih tinggi," katanya.



Selain Ghalkoff Wine Coffe, Ghalkoff juga memiliki berbagai macam varian lainnya, yaitu original (grand premium pure organic robusta), F2 (speciality rileks dan stamina), F4 (specility diet), F7 (speciality sexuality moods. F9 (spesiality quality sleep). F12 (speciality anti diabetes), F17 (speciality quality herbal).

Apakah kopi ini halal? Tentu saja, karena minuman ini murni terbuat dari kopi dan tidak ada campuran apapun yang sifatnya memabukan. Seperti halnya tapai ketan atau singkong yang merupakan makanan khas Jawa Barat yang juga difermentasi secara alami namun tidak memabukan dan layak di konsumsi.
 
Untuk sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), saat ini sedang dalam proses. Namun sebelumnya, kopi tersebut sudah melalui tes laboratorium agar terjamin kualitas dan keamamannya, khususnya bagi kaum muslim. [Novie Fauziah]