SPORTOURISM - Kuliner asal Korea Selatan (korsel) selalu memiliki daya tarik. Khususnya bagi Sahabat Sporto penggemar Korea. Nah, mereka (warga Korsel) pun ternyata tidak jauh berbeda dengan Indonesia, yakni sama-sama penggemar makanan pedas.

Biasanya, orang Korsel menggunakan gochujang sebagai bahan dasar rasa pedas. Gochujang merupakan cabai berbentuk pasta, yaitu terbuat dari beras ketan dan bubuk cabai yang difermentasi.

Berikut ini adalah beberapa makanan Korsel super pedas, yang dapat Sahabat Sporto cicipi. Penasaran?

Jjambbong

Jjambbong adalah mi asal Korsel yang dicampur dengan aneka seafood, daging, sayuran segar dan kuah kaldu yang pedas. Kuah kaldu jjambbong terbuat dari campuran bubuk cabai dari tiga negara, yaitu Korea, Vietnam dan India.

Kata jjambbong berasal kata Jepang untuk"mix" atau campuran bahan makanan. Oh iya, disarankan, ketika Sahabat Sporto ingin menyantap jjambbong, dahulukan mi-nya. Sebab, rasa kuahnya sangatlah pedas, seakan-akan membakar lidah.

Dalkbal

Bukan hanya orang Indonesia saja yang suka ceker ayam, di Korea pun memiliki kegemaran yang serupa. Di Korsel, olahan ceker ayam dinamakan maeundakbal atau lebih populer disebut dalkbal.

Ceker ayam diberi bumbu gochujang super pedas. Masyarakat Korsel biasanya menjadikan makanan ini sebagai camilan di saat santai.

Ddeokbokki

Makanan pedas satu ini, jadi camilan favorit warga Korsel. Ddeokbokki merupakan kue beras, dicampur dengan ikan dan dimasak menggunakan saus cabai. Rasanya sangat lezat. Setiap potongan ddeokbokki-nya, menciptakan sensasi menarik. Teksturnya juga kenyal.

Jika Sahabat Sporto mengunjungi Korsel, maka akan menemukan penjual ddeokbokki di pinggiran jalan. Oh iya, pecinta ddeokbokki juga bisa menambahkan topping lainnya, seperti telur rebus, pangsit goreng hingga hot dog.

Maeundae Galbijjim

Maeundae galbijjim merupakan bagian hidangan klasik dari Korea. Terdiri dari iga sapi bercita rasa super pedas. Makanan ini, disebut-sebut jadi salah satu kuliner terpedas bagi lidah orang Korea.

Satu gigitan saja saat memakan maeundae galbijjim, akan meninggalkan rasa pedas yang luar biasa. Nah, untuk meredakannya, Sahabat Sporto segera memakan telur rebus yang dapat meredakan rasa pedas.

Lee Kang-sun Silbijip nakji bokkeum

Kuliner pedas asal Korsel satu ini memang lebih sulit diucapkan, karena cukup panjang. Tapi di negara asalnya, makanan tersebut sangatlah menggiurkan dan terkenal. Nakji bokkeum, biasa disebutnya merupakan hidangan berbahan dasar gurita yang disiram saus lada merah.

Biasanya, nakji bokkeum disantap dengan nasi, kacang polong dan minyak wijen. Tambahan tersebut dipercaya akan membantu mengurangi rasa pedas. [Novie Fauziah]