SPORTOURISM - Jika Prancis memiliki makanan khas berbahan dasar bekicot yang disebut Escargot, Pulau Bintan punya Gonggong yang berbahan dasar keong laut.

Meski merupakan makanan khas Prancis, Bagi masyarakat Indonesia Escargot dirasa tidak begitu asing. Itu karena bahan utamanya adalah bekicot. Sejenis keong darat yang tersebar di seluruh peloksok Tanah Air.

Ternyata, di Pulau Bintan, Kepulauan Riau terdapat makanan yang cara penyajiannya mirip dengan Escargot, yaitu Gonggong. Bedanya, hidangan yang satu ini menggunakan bahan utama keong laut.

Cara mengolahnya, keong laut tersebut direbus selama 10 menit dalam air mendidih. Air yang sebelumnya telah dibumbui serai dan garam. Gonggong kemudian disajikan kering tanpa kuah. Cara menikmatinya yaitu dengan mencongkel keluar isi keong menggunakan tusuk gigi.

Makanan khas Bintan tersebut biasanya disandingkan dengan sambal terasi dan kerap menjadi teman untuk menyantap nasi. "Satu porsi Gonggong bersisi sekitar 30-40 keong. Harganya Rp 60 ribu," kata Wagiman, anak dari pemilik Restoran Kelong Family.

Gonggong menjadi salah satu menu andalan di restoran yang berada di Jalan Lintas Barat km.38, Kampung Banse, Desa Penaga, Kecamatan Teluk Bintan. Saat akhir pekan atau awal bulan, restorang yang sudah berdiri sejak empat tahun lalu itu bisa menjual sekitar 20-30 kg Gonggong per hari. [suki asmarandana]