SPORTOURISM-- Nikmati rimbunnya bambu dalam sebuah terowongan di kawasan Arashiyama, Kyoto, Jepang. Bahkan bila beruntung, Sahabat Sporto bisa mendengarkan suara-suara bambu yang merdu.

Nuansa hijau nan segar langsung terasa tatkala melangkahkan kaki ke tempat ini. Menyusuri jalan setapak yang dikelilingi bambu di kanan kirinya membuat suasana menjadi romantis, apalagi bila menyusurinya bersama orang terkasih.

Itulah suasana di Sagano Bamboo Forest di Jepang. Lokasi Bamboo Forest ini terletak di dekat kuil Tenryu-ji, Arashiyama, Kyoto. Karena keindahan hutan bambunya, membuat kawasan wisata ini menjadi sangat terkenal di Jepang.

Tak hanya keindahan pemandangan hutan bambunya saja, Sahabat Sporto juga bisa menderngar suara bambu yang merdu. Suara ini tercipta saat angin bertiup menyapa kawasan hutan bambu. Suaranya sangat indah!

Jangan heran bila tempat wisata ini selalu ramai pengunjung, terutama di musim liburan. Selain itu, hutan ini juga menjadi tempat yang cocok untuk jalan-jalan santai atau bersepeda. Sahabat Sporto bisa menyewa sepeda di sini.

Hutan yang terletak di barat laut Kyoto Basin, Jepang ini bisa dicapai dengan menggunakan kereta dari Kyoto. Dengan waktu tempuh sekitar 30 menit, Sahabat Sporto bisa menjelajah hutan seluas 16 km2 ini. Rute trekking yang tersedia di sini cukup besar dan bagus. Jalan yang terbuat dari aspal ini hampir selalu bersih. Tak ada wisatawan yang membuang sampah sembarangan. Satu-satunya sampah yang ada di sini adalah daun yang gugur.

Selain menyusuri hutan dengan berjalan kaki, Sahabat Sporto juga bisa bersepeda ria. Bersepeda merupakan kegiatan yang paling asyik dilakukan saat pagi atau sore hari, ketika cuaca masih teduh dan ada cahaya matahari yang menemani Sahabat Sporto.

Tak cuma itu, Sahabat Sporto juga bisa mendengarkan nyanyian alam nan merdu di sini ketika angin bertiup sepoi-sepoi. Angin yang bersahabat ini bertiup tidak terlalu kencang, juga tidak terlalu lemah.

Hembusan angin yang bersahabat ini akan menciptakan musik alam yang syahdu. Gemerisik dedaunan yang bergesekan dengan batang, ditambah dengan siulan angin yang datang dari sela batang akan membuai Anda. Sungguh menentramkan hati.

Ada pula tarian alam yang bisa disaksikan tatkala bambu-bambu ini bernyanyi. Saat angin menghembus ke dalam hutan, ujung bambu akan bergoyang ke kiri dan kanan atau depan dan belakang. Semuanya bergoyang sesuai irama angin dan menciptakan tarian alam yang cantik. Sungguh pertunjukan alam yang memesona!  [    ]