SPORTOURISM – Cina punya perpustakaan futuristik yang baru dibuka Oktober 2017 lalu. Tak hanya sebagai lautan buku saja, perpustakaan ini juga punya desain unik, dan tentunya instagramable!

Perpustakaan yang terletak di distrik Binhai, Tianjin ini menjadi perbincangan besar baik di media Tiongkok maupun media sosial. Sejak dibuka 1 Oktober tahun lalu, perpustakaan ini sudah menarik hingga 10.000 pengunjung setiap harinya.

MVRDV dan Tianjin Urban Planning and Design Intitute (TUPDI) merancang proyek ini untuk menyediakan distrik budaya bagi kota Binhai. Luasnya mencapai 33.700 meter persegi berdesain futuristik dengan auditorium bola bercahaya sebagai pusat daya tariknya.

Bola besar dan bercahaya di bagian tengah perpustakaan ini difungsikan sebagai auditorium yang dapat menampung 110 orang. Dalam bola ini tersimpan 1,2 juta buku yang tersusun rapi dan cantik.

Foto: cntraveler.com

Sementara, susunan rak buku lain di luar auditorium yang mencapai langit-langit menjadikan tempat ini tak hanya sebagai pusat pendidikan, melainkan juga ruang sosial dan penghubung dari taman ke kawasan budaya di kota ini. Gedung lima tingkat ini menampung jutaan buku dari segala bidang dan punya fasilitas pendidikan yang luas.

Selain itu, perpustakaan juga didukung dengan ruang bawah tanah, penyimpanan buku, area membaca, ruang pertemuan, komputer, sampai teras atap. Perpustakaan yang juga disebut The Eye, karena desainnya yang tampak seperti iris mata yang dimaksudkan bangunan ini ‘untuk melihat dan dilihat’.