SPORTOURISM - Secara administrasi Situs ini berada di Desa Solonggodu, Kecamatan Hu’U, Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Situs ini memiliki Latar belakang budaya zaman prasejarah tradisi Megalitik, sedangkan jenis Situs Penguburan adalah Necropolis.

Kesemua kubur batu ini berada di tengah-tengah areal perkebunan milik seorang warga, sehingga status pengelolaan pun dikerjakan oleh masyarakat. Di situs ini, batu kubur berbentuk bulat datar, dan ada juga yang berisi tonjolan seperti batu gong. Di sekitar situs ditemukan juga lumpang batu dengan ukuran lubangnya lebih kecil, berjejer pada satu sisi batu besar.

Tidak jauh dari kubur batu terdapat Batu Keramat / Batu Duduk Raja (Wadu kadera), dan lumpang batu yang digunakan untuk menumbuk padi / gabah. Selain itu, terdapat juga bukit yang di bagian atasnya dibentuk seperti parit-parit yang kemungkinan untuk jalur air hujan, dan bisa juga digunakan untuk menumbuk serta menjemur gabah, karena bentuknya yang mirip lesung.

Berdasarkan info yang dihimpun dari bpcb bali, ada suatu kemungkinan kalau batu kubur, kursi duduk raja, lumpang batu baik yang ditemukan di sekitar perkebunan dan yang di atas bukit, serta parit-parit yang berada di bukit berasal dari satu kebudayaan yang sama, yang berasal dari budaya sebelum masuknya pengaruh luar masuk ke daerah ini.[AR]