SPORTOURISM - Empat klub Indonesia Persib Bandung, Persija Jakarta dan Arema FC masuk dalam 150 klub paling populer dunia di media sosial. Maung Bandung berada di urutan ke-20.

Digitalsport.co merilis 150 klub paling populer di dunia berdasarkan data media sosial yang dimiliki masing-masing klub. Barcelona bertengger di puncak tabel sebagai paling populer. Total komunitas digital La Blaugrana mencapai angka 206 juta. Urutan kedua ditempati Real Madrid dengan komunitas digital mencapai 204 juta.

Tiga klub Liga Inggris yaitu Manchester United, Chelsea dan Arsenal masing-masing menempati urutan ketiga, keempat dan kelima. Raksasa Jerman Bayern Munchen menempati urutan keenam dan jawara Itaia Juventus berada di urutan kedelapan.

Satu hal paling menarik perhatian yaitu adanya empat klub Indonesia yang masuk dalam tabel. Bahkan, Persib Bandung menempati urutan ke-20 dengan total aktivitas digital mencapai 13,7 juta.

Selain Persib, ada tiga klub Tanah Air lainnya yang juga masuk dalam tabel. Persija Jakarta berada di urutan ke-71, Sriwijaya FC di peringkat ke-110. Sedangkan Arema FC berada empat tingkat di bawah Sriwijaya. [***]