SPORTOURISM - Menpora Imam Nahrawi berharap pencak silat semakin mendunia. Ia ingin Indonesia bisa mempromosikan pencak silat sebagai seni bela diri campuran.

Thailand merupakan salah satu negara yang berhasil mempromosikan olahraga kearifan lokal Muay Thai. Kini seni bela diri campuran yang mirip dengan kickboxing itu begitu populer di seuruh dunia. Begitu juga dengan Jepang yang mempopulerkan bela diri karate dan olahraga kekuatan sumo.

Menurut Imam Nahrawi, Indonesia memiliki modal untuk menjadi seperti Thailand atau Jepang. Negeri Zamrud Khatulistiwa memiliki pencak silat yang sebentar lagi akan diakui Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) sebagai Warisan Budaya Tak Benda asli Indonesia.

Pada 20 April mendatang, pencak silat kolosal akan menjadi suguhan utama dalam puncak perayaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Jelang perayaan tersebut, Menpora berharap segenap Bangsa Indonesia turut berperan aktif mempromosikan pencak silat. Seperti yang ia ungkapkan dalam pertemuan bersama perwakilan direksi TMII Maulana di Lantai 10 Kemenpora, Jakarta pada Kamis (15/3).
 
"Terima kasih atas rencana HUT TMII di mana ada penampilan pencak silat kolosal. Pencak silat harus dikampanyekan terus, Indonesia Negeri Silat. Indonesia harus mampu seperti negara-negara lain yang gencar mempromosikan Martial Art. Intinya berangkat dari budaya menuju industri olahraga," kata Menpora.
 
Pertemuan tersebut juga dihadiri Kepala Museum Olahraga Herman Chaniago dan jajaran Direksi TMII Dirum Taufik Sukasah. Kemudian Koor Anjungan Daerah Maryanto, Koor Unit Usaha/Ketum HUT TMII Jaya serta Manajer Informasi Budaya dan Wisata Dwi Windayanto.

Sumber: kemenpora