SPORTOURISM - Wakil Ketua MPR RI Muhaimin Iskandar berolahraga lari di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Kamis (5/4) pagi hari WIB. Tidak hanya berolahraga, ia juga napak tilas visi Bung Karno di Komplek Olahraga Senayan.

Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games pada 1962 untuk kali pertama. Presiden Indonesia kala itu Ir Soekarno memimpin proyek raksasa pembangunan Komplek Olahraga Senayan. Termasuk Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), dan venue-venue olahraga lainnya.

Selain itu, pemerintah juga menyiapkan infrastruktur-infrastruktur penting lainnya. Seperti Hotel Indonesia, Patung Selamat Datang dan Televisi Republik Indonesia (TVRI).

Muhaimin Iskandar mengakui kecerdikan Bung Karno yang mencoba mengangkat martabat Bangsa Indonesia lewat pesta olahraga. "Ini semua bukanlah untuk kejayaanku, semua ini dibangun demi kejayaan Bangsa," tulis pria yang akrab disapa Cak Imin di instagram mengutip kalimat Bung Karno.

Kamis (5/4) pagi hari WIB, Cak Imin menyempatkan berolahraga di GBK. Ia lari santai bersama Menpora Imam Nahrawi dan aktor Tommy Kurniawan. Tidak hanya berolahraga, ia juga memaknai Asian Games 1962 sebagai ajang yang turut berperan penting dalam kemajuan Indonesia.

Komplek Senayan tengah dalam tahap perampungan setelah direnovasi jelang Asian Games 2018. Indonesia akan kembali menjadi tuan rumah pesta olahraga empat tahunan itu. Bedanya, sekarang tidak semua cabang olahraga digelar di Jakarta, tapi banyak juga yang digelar di Komplek Olahraga Jakabaring, Palembang.