SPORTOURISM - Gowes Nusantara akan bergulir mulai 6 Mei hingga 18 November 2018. Kali ini, program olahraga andalan Kemenpora itu akan mengusung tema Bangun Indonesia.

Selasa (10/4) pagi hari WIB, Menpora Imam Nahrawi menerima paparan Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta mengenai Gowes Nusantara. Dalam pertemuan yang digelar di Ruang Rapat Lantai 10 Graha Pemuda, Senayan di Jakarta Pusat, Raden melapor bersamaPanitia Nasional Gowes Nusantara.

Gowes Nusantara merupakan salah satu program andalan Kemenpora yang tahun lalu sukses menarik perhatian masyarakat. Untuk gelaran 2018, Gowes Nusantara akan dimulai dari Gelora Bung Karno Jakarta pada 6 Mei dan akan finis di Bali pada 18 November 2018.

Gowes kali ini akan dikemas lebih semarak sebagai sport event yang akan melewati 34 provinsi dan 70 Kabupaten/Kota. Yaitu dengan mengusung tema Bangun Indonesia. Di mana, jalur yang dilalui akan menginformasikan berbagai capain pembangunan selama empat tahun terakhir.

Selain itu, di dalamnya ada Tim Jelajah yang terdiri dari 15 atlet-atlet sepeda nasional dari berbagai daerah. Mereka akan menjelah Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Bali dengan start dari daerah perbatasan, Entikong.

Terlepas dari berbagai kemeriahan yang akan tersaji, Menpora berharap Gowes Nusantara semakin bisa merangkul banyak masyarakat untuk berolahraga. Terutama bersepeda.

"Negara hadir untuk mendorong terus warganya hidup sehat dengan berolahraga. Misi besar kami agar dunia tahu, bukan hanya Belanda tetapi Indonesia juga selalu mendorong hidup sehat warganya dengan bersepeda," kata Menpora.

Sumber: kemenpora