SPORTOURISM - Pasangan bulu tangkis ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya/Marcus Gideon menyabet dua gelar All England secara berturut-turut. Catatan tersebut terakhir ditorehkan ganda putra Indonesia 22 tahun lalu.

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon tampil gemilang dalam gelaran All England 2018. Di tengah semaraknya olahraga Tanah Air, mereka mengharumkan Indonesia dengan menjadi jawara ganda putra di super series paling bergengsi di dunia itu.

Itu bukan gelar pertama yang mereka bawa pulang. Pada All England 2017, Kevin/Marcus juga meraih gelar yang sama. Maka tidak heran jika kini mereka mendapat banyak pujian. Kevin/Marcus mengembalikan tradisi juara ganda putra Indonesia di All England. Tradisi yang sempat menghilang dalam dua dekade terakhir. Terutama di sektor ganda putra.

Sebelum Kevin/Marcus, ada Ricky Subagja/Rexy Mainaky yang dua kali juara ganda putra di All England secara beruntun. Yaitu pada 1995 dan 1996.

Ketua Umum PB PBSI Wiranto menyebut apa yang ditorehkan   Kevin/Marcus sebagai suatu hal yang istimewa. Terlebih karena All England merupakan super series tertua dan paling bergengsi di muka bumi.

"Ini merupakan hari yang istimewa karena setelah 22 tahun,  putra-putra Indonesia baru kali ini berhasil menjuarai All England dua kali berturut-turut," kata Wiranto.

Kevin baru berusia 21 tahun. Sedangkan Marcus genap 27 tahun. Itu artinya, mereka masih punya banyak waktu untuk menyabet lebih banyak gelar. Apakah Kevin/Marcus akan mampu mempertahankan gelar di All England berikutnya?

Sumber: kemenpora