SPORTOURISM - Tim bulu tangkis Indonesia menempatkan empat wakil pada pertandingan semifinal nomor perorangan SEA Games 2017. 

Keempatnya adalah Jonatan Christie dan Ihsan Maulana Mustofa di tunggal putra, Gregoria Mariska Tunjung di tunggal putri. Kemudian ada pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di nomor ganda putra.

Seperti yang dilaporkan Tuan Azhari dari Kuala Lumpur, Jonatan menggenggam tiket empat besar usai menyingkirkan wakil Singapura, Ng Zi Rei Ryan, 21-13, 21-13. Pada semifinal, Jojo akan menghadapi wakil Vietnam non-unggulan, Tien Minh Nguyen.

Sedangkan Ihsan Maulana ke semifinal setelah menumbangkan pebulu tangkis Singapura, Kean Yew Loh dua set langsung, 22-20, 21-11. Pada pertai empat besar, Ihsan yang diposisikan unggulan ketiga bakal bertanding lebih berat. Ia akan bertemu unggulan kedua asal Thailand, Khosit Phretpradab.

Sedangkan Gregoria Mariska yang mengalahkan unggulan pertama asal Thailand, Busanan Ongbumrungphan, 17-21, 22-20, 21-17 akan jumpa wakil tuan rumah, Soniia Ceah di semifinal.
Sementara Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses menghentikan wakil tuan rumah, Sze Fei Goh/Nur Izzuddin dua game langsung, 21-10, 21-14.

Selanjutnya, mereka akan bersua unggulan keempat asal Thailand, Kittinupong Kedren/Dechapol Puavaranukroh. Sejak SEA Games 2005, medali emas ganda putra tak pernah lepas dari genggaman Indonesia.

Bahkan, dalam tiga edisi SEA Games sebelumnya terjadi final all Indonesia. Fajar/Rian diharapkan bisa mempertahankan emas yang selalu jatuh di genggaman Merah Putih.
Menurut Fajar, ganda Thailand memiliki kelebihan pada bertahan. Kedren dan Dechapol dikenal cukup rapat ketika mendapat serangan lawan. Karena itu, butuh kepiwaian untuk melepaskan bola supaya smash yang dilancarkan tak mampu dikembalikan.

"Jadi serangan kami harus benar-benar bisa menembus mereka. Kami pernah bertemu mereka dan menang. Mudah-mudahan kami bisa meraih emas sesuai target," kata Fajar. [***]