SPORTOURISM - Kejuaraan Djarum Li Ning Sirkuit Nasional 2017 bakal digelar di delapan kota besar Indonesia. Manado akan menjadi kota pertama yang menyelenggarakan kejuaraan tersebut.

Sirkuit Nasional merupakan rangkaian kejuaraan bulu tangkis terbesar di Indonesia yang mempertandingkan partai tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran. Ada tiga kategori usia dalam kejeuaraan tersebut. Yaitu remaja (U-17), taruna (U-19) dan dewasa.

Sama dengan tahun lalu, Sirnas hadir dengan titel premier. Bedanya, kali ini ada tiga Sirnas Premier yaitu di DKI Jakarta dan Jawa Timur dan Jawa Barat.

Dengan digelarnya Sirnas, diharapkan akan muncul bibit-bibit potensial yang bisa mengemban tugas untuk melanjutkan tongkat estafet dari para senior serta mendukung berputarnya roda regenerasi di masa yang akan datang.

"Sirnas merupakan ajang kompetisi yang menjadi program PBSI, sebagai wadah evaluasi dari hasil pembinaan klub atau pengurus provinsi," kata Sekretaris Jenderal PP PBSI, Achmad Budiharto.

"Dari Sirnas kami bisa memantau kemajuan pembinaan klub-klub yang ada di Tanah Air, dan menyususn rangking pebulu tangkis Indonesia di tiap kategori".

Menurut Budiharto, rangking nasional tersebut akan menjadi pertimbangan dalam seleksi masuk pelatnas. Para jawara di ajang Sirnas bakal mendapat poin yang dapat mendongkrak posisi mereka di jajaran rangking nasional.

Tahun ini, Sirnas untuk pertama kalinya didukung dua co sponsor yaitu Li Ning dan Flypower. Sedangkan Djarum Foundation selaku sponsor utama, terus menjaga komitmen untuk mendukung perkembangan bulu tangkis Tanah Air.

Djarum Li Ning Sirkuit Nasional 2017 akan dihelat di delapan kota. Yang pertama akan digelar di Manado, Sulawesi Utara yaitu pada 13-18 Maret 2017

Berikut daftar kota penyelenggara Djarum Li Ning Sirkuit Nasional 2017:

Manado, 13 -18 Maret 2017
Balikpapan, 27 Maret – 1 April 2017
Jakarta, 1-6 Mei 2017
Bandung, 17-22 Juli 2017
Semarang, 21-26 Agustus 2017
Batam, 4-9 September 2017
Mataram, 2-7 Oktober 2017
Surabaya, 23-28 Oktober 2017

Sumber: badmintonindonesia