SPORTOURISM - Pencak silat merupakan salah satu olahraga bela diri asli Indonesia. Di Asian Games 2018, pencak silat akan dipertandingkan untuk kali pertama.

Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Pesta olahraga empat tahunan itu akan digelar di Jakarta dan Palembang mulai 18 Agustus mendatang. Sebagai Menpora, Imam Nahrawi mengemban tanggung jawab besar dari Presiden Joko Widodo. Yaitu menyukseskan Indonesia baik sebagai penyelenggara maupun peserta.

Sebagai tuan rumah, para atlet Indonesia diharapkan memiliki motivasi lebih untuk mendulang medali emas. Mengingat, mereka akan mendapat dukungan penuh dari keluarga dan masyarakat Indonesia.

Selain itu, momentum Asian Games 2018 juga dimanfaatkan pemerintah untuk mempromosikan pencak silat. Dalam pesta olahraga paling akbar di Benua Asia itu, pencak silat akan dipertandingkan. Pencak silat disejajarkan dengan beberpa olahraga bela diri campuran seperti jujitsu, kurash, Pencak silat, Sambo, Wushu.

"Di Asian Games 2018, untuk pertama kalinya Pencak Silat dipertandingkan. Sebagai terobosan baru pemerintah dalam mendukung semangat penjenjangan, pembinaan dan kompetisi," kata Menpora saat membuka Pekan Pesantren Nusantara 2018 di Jombang pada Minggu (8/4) pagi.

Sumber: kemenpora