SPORTOURISM - Selain Liem Swie King dan Susi Susanti, banyak legenda bulu tangkis Indonesia yang mengibarkan Merah Putih di ajang Internasional. Salah satunya Christian Hadinata.

Christian Hadinata, pebulu tangkis yang kerap tampil dalam nomor ganda putra dan campuran. Hadinata membela Indonesia selama 15 tahun sejak 1971. Selama itu, banyak prestasi yang ia torehkan. Terutama dalam nomor ganda putra bersama Ade Chandra.

Hadinata dan Ade menyabet dua kali juara All England secara berturut-turut. Yaitu pada 1973 dan 1974. Sebelum itu, pasangan Hadinata dan Ade juga menjadi yang terbaik di Olimpiade 1972.

Setelah pensiun pada 1986, Hadinata melanjutkan kariernya di bulu tangkis sebagai pelatih. Selain itu, namanya juga pernah tercatat sebagai pengurus Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Senin (11/12), sang legenda genap berusia 67 tahun. Meski gairah Bulu Tangkisnya tetap menyala, kini ia hanya bisa mendoakan dan memotivasi atlet-atlet muda terutama di ganda putra untuk tetap meneruskan tradisi juara.

Dalam satu dekade terakhir, ganda putra Indonesia yang memiliki catatan paling gemilang yaitu Hendra Setiawan. Ketika berpasangan dengan Markis Kido, ia meraih banyak gelar bergengsi.

Salah satunya medali emas Olimpiade 2008 di Beijing. Kemudian sederet gelar super series ia raih bersama Mohammad Ahsan. Sala satunya yaitu All England 2014.

Kini Indonesia memiliki Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon untuk meneruskan kegemilangan Hendra/Ahsan. Maret lalu, pasangan muda tersebut berhasil menyabet gelar All England. [***]

Sumber: wikipedia