SPORTOURISM - Kehidupan prasejarah memang selalu menarik untuk dipelajari. Bagaimana cara hidup zaman prasejarah yang identik dengan batu, kini menjadi wisata yang patut dikunjungi. Salah satunya Taman Prasejarah Leang-leang di Maros, Makassar.

Jejak kehidupan manusia zaman prasejarah bisa Sahabat Sporto temui di taman Prasejarah Leang-leang. Mulai dari lukisan pada dinding-dinding batu sampai artefak dalam komplek tamannya. Ada juga beberapa goa di perbukitan karst Maros-Pangkep.

Taman prasejarah ini juga punya dua goa yang dihiasi lukisan kuno, yakni Goa Pettae dan Goa Petta Kere. Di dalam Goa Pettae terdapat beberapa lukisan telapak tangan dan binatang babi dan rusa menghiasi dindingnya. Di depan pintu masuk goa dengan tinggi delapan meter, terdapat alat serpih bilah dan kerang-kerang.

Sementara Goa Petta Kere yang berjarak sekitar 300 m dari Pettae, memiliki lebih banyak lagi lukisan dinding telapak tangan di dalamnya. Termasuk lukisan anak panah dan binatang zaman dulu. Diperkirakan goa ini telah dihuni 8.000 tahun SM.

Bagian luar komplek taman ini juga dihuni tebing batu dengan berbagai bentuk. Sahabat Sporto bisa menikmatinya, sambil mengenal peninggalan prasejarah yang ada jauh sebelumnya. Sedangkan untuk fasilitas, sudah dilengkapi dengan toilet, shelter, jalur setapak, dan rumah adat.

Seru juga sambil menikmati wisata budaya, sembari duduk memandang sungai yang ada di sekitar komplek. Karena wisata seperti ini patut dilestarikan dan dijaga, sebagai saksi sejarah kehidupan zaman dahulu.