Napak Tilas Asian Games 1962

SPORTOURISM - Makanan untuk para atlet tidak hanya berasal dari sayuran dan daging saja, ikan juga perlu dikonsumsi. Pada Asian Games 1962, ikan gurame disediakan sebagai santapan atlet dan pengunjung di salah satu ajang olahraga terbesar tersebut.

Dikutip dari koran Duta Masjarakat, 07 Agustus 1962, untuk para atlit dan pengundjung Asian Games, disediakan ikan gurame sebanjak 10 ton. Daerah2 jang menjediakannja iala Tasikmalanja, Sukabumi, Bekasi dan Pasar Minggu. Dalam keterangannyam harha per-kilo ikan gurame ini yaitu Rp 160. Selain itu, disediakan pula, ikan laut sebanyak enam ton.

Salah satu potongan berita tentang Gurame di Asian Games 1962

Sukabumi jadi salah satu daerah pengimpor ikan gurame untuk kebutuhan Asian Games 1962. Salah satu lokasi yang menjadi pusat pasar ikan di Kota Mochi tersebut, yaitu kawasan Cibaraja, Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Di sana, Sahabat Sporto bisa menemukan beberapa peternakan ikan. Bukan hanya gurame, jenis ikan lainnya yang bisa didapatkan seperti ikan mas, bawal, lele, hingga ikan-ikan hias. Harganya pun relatif terjangkau, karena menggunakan harga borongan.

Seperti diketahui, ikan gurame (Osphronemus goramy), merupakan jenis ikan yang cukup mahal, karena selalu tersedia di beberapa rumah makan. Popular dan sering dikonsumsi di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Biasanya, gurame diolah menjadi berbagai hidangan, seperti digoreng, asam manis, bakar dan lainnya.