sportourism.id - Mudik adalah kegiatan menyambut Lebaran yang seru. Apalagi bila sambil berburu kuliner. Jika Anda berkesempatan menjalani #PesonaMudik2018 dan melewati Kabupaten Batang, Jawa Tengah, ada baiknya mampir mencicipi lezatnya #PesonaKulinerLebaran2018 di kota ini.

"Mudik ke Kabupaten Batang belum lengkap rasanya jika belum mencicipi menu kuliner yang disuguhkan. Begitu juga jika hanya sekadar melintasinya. Batang memang terkenal sebagai daerah para pemudik beristirahat. Ini membuat banyak tempat kuliner di Batang telah menjadi langganan para pemudik," kata Menpar Arief Yahya, Jumat (1/6).

Berikut ini adalah #Top10PesonaKulinerLebaran2018 Batang yang enak dan harus dicicipi, biar #PesonaMudikLebaran2018 Anda makin berwarna.

1. Warung Makan Sate Pak Yadi

Warung makan Sate Pak Yadi Batang jika anda ada di batang dan suka dengan makanan sate. Maka anda bisa mencicipi sate yang di tawarkan oleh Warung Pak Yadi. Warung makan Pak Yadi ini menawarkan sate yang manis dan lezat. Harganya pun masih sangat terjangkau. Warung sate ini terletak di Jl. Yos Sudarso, Batang.

2. Warung Soto Kuali

Selanjutnya yang juga menjadi tempat wisata kuliner kali ini adalah Warung Soto Kuali. Warung ini berlokasi di Jalan Ahmad Yani, sebelum rambu lalu lintas ke Jalan Dr Wahidin.

Di tempat wisata kuliner Batang ini kamu bisa menikmati soto dengan rasa yang memuaskan. Warung soto Kuali ini sangat ramai pengunjungnya karena di tempat wisata kuliner ini menyediakan menu soto yang sangat enak dan lezat yang wajib dicoba.

Selain itu harga soto di tempat wisata kuliner Batang ini juga sangat terjangau yakni Rp 7.000 saja per porsinya.

3. Lontong Lemprak

Lontong Lemprak Batang makanan yang ada di batang lainnya yang wajib di coba adalah lontong lemprak. Lontong ini merupakan lontong biasa yang di sajikan dengan opor. Lontong ini memiliki aroma yang sangat khas.

Biasanya menu lontong lemprak ini banyak di temui di alun pekalongan, tepatnya di depan masjid Kauman.

4. Soto Kebo

Soto Kebo Batang Menu khas kota batang yang paling menggugah selera dan juga membuat banyak orang penasaran adalah soto kebo. Soto kebo ini memiliki aroma rempah yang kuat dan mirip dengan kuah tauto.

Namun, aromanya lebih menyengat karena ada aroma khas dari kerbaunya. Jika anda penasaran ingin mencoba soto kebo ini anda harus datang ke Jl. Ahmad Yani No 3, Kauman, Kabupaten Batang.

5. Serabi Tangkep

Salah satu makanan (jajanan) tradisional khas Batang yang mengenyangkan dan enak adalah serabi tangkep. Serabi tangkep ini berukuran kecil namun rasanya enak.

Serabi Tangkep Batang juga bisa di jadikan rekomendasi jajanan anda loh. selain anda bisa menikmati serabi tangkep ini dalam keadaan hangat, anda pun bisa melihat langswung proses pembuatannya. Untuk bisa membelinya anda hanya perlu datang ke pasar traditional yang ada di batang.

6. Pindang Tetel

Pindang Tetel Batang indentik dengan bahan dasar ikan dan juga berkuah encer dan kuning. Namun, ada yang beda jika kita menyantap pindang yang ada di batang. Pindang tetel namanya.

Pindang ini diracik dengan bumbu khas dan di tambah kluwak. Biasnya pindnag tetel ini di sajikan bersama kerupuk berwarna merah dan kuning. Krupuk ini di goreng menggunakan pasir. Nah jika anda ingin mencoba keunikan menu yang satu ini anda bisa datang ke kec. Kedengwuni Desa Ambokembang.

7. Soto Tauto Hj. Rochmani

Soto tauto memang sudah dikenal di Batang. Namun, jika anda ingin makan soto tauto yang enak sekali, anda harus mencoba soto tauto Hj. Rochmani. Kombinasi rasa asin, manis,pedas dan juga kekentalan kuah yang pas ini memang hanya ditawarkan di Soto Hj. Rochmani ini. lokasinya berada di Jl. Pasar Sayun 20 Bendan.

8. RM Monggo Moro

Ketika melewati jalur pantura Gringsing bagian paling timur Kabupaten Batang, pasti akan menemui banyak sekali warung makan dengan berbagai versi dan menu. Namun bagi yang kangen masakan rumahan, bisa datang ke Rumah Makan (RM) Monggo Moro di Jalan Raya Kutosari. Makan di tempat tersebut serasa masakan ibu.

Andalan menunya ada pepes ikan Pedah, oseng atau urap genjer, ayam bakar madu, mendoan, sop iga, sop ceker dan masih banyak menu lainnya.

9. Cafe Milk Club

Cafe Milk Club yang berada di Jalan KH. Wahid Hasyim, Kauman, Batang. Sebuah cafe yang berada tidak jauh dari jalur pantura Kota Batang. Café ini berkonsep minimalis yang sudah berdiri selama 3 tahun lamanya. Berbagai minuman segar yang menggunakan bahan dasar susu dapat Anda nikmati disini.

Dengan nuansa café minimalis dan bersih para penikmat susu akan betah berada disini karena dengan harga yang terjangkau sesuai kantong anak muda. Tak pelak café ini setiap hari ramai dikunjungi anak-anak muda.

10. Pempek Teras Wong Kito

Ternyata di Batang pun terdapat warung pempek yang lezat. Bahkan sudah menjadi salah satu kuliner andalan di Batang. Namanya Pempek Teras Wong Kito.

Teras Wong Kito ini berlokasi sangat strategis di sebelah selatan pintu Masuk Perum Korpri (Gang Botol) dan berada tepat di tepi Jalan raya Pemuda Pasekaran Batang. Rasanya sangat gurih, khas ikan tengiri yang segar.

Teras Wong Kito menyediakan beberapa Macam Pempek mulai dari Pempek kapal Selam, Lenjer, model juga Rujak mie serta Minuman Segar Es Kacang Merah dan berbagai minuman segar lainnya