SPORTOURISM-Saat ini banyak kafe atau restoran memiliki konsep yang unik dan anti mainstrem untuk menarik pengunjung datang. Karena tidak bisa di pungkiri masyarakat zaman now mencari tempat nongkrong yang menarik dan instagramabel, bukan lagi cuma sekedar makan enak saja.

Di dunia banyak bermunculan kafe-kafe unik yang pastinya jadi pilihan menarik para wisatawan. Tak hanya mencoba makananya namun mereka penasaran dengan tema yang membedakan dengan kafe lainya.

Di Bangkok, Thailand ada kafe yang memiliki tema menarik sehingga mengundang penasaran para pengunjungnya. Namanya Kid Mai Death Cafe dengan suasana horor seperti menyambut dan mengingatkan kita kepada kematian.
Ya, kafe yang terletak di samping Exim Bank, dekat stasiun BTS di Aree Soi 1, Thailand itu menawarkan pengalaman menyantap kuliner dengan sensasi kematian di depan mata langsung.

Dilansir dari Oddity Central, saat sahabat sporto memasuki kafe yang satu ini, maka jangan heran kemudian melihat peti mati, altar yang didekorasi seperti acara pemakaman, sampai ada karangan bunga kematian siap menyambut. Anda seperti diajak untuk bersenang-senang saat acara pemakanan berlangsung.

Sebelum memasuki Kid Mai Death Cafe, pengunjung harus terlebih dulu melewati sebuah terowongan gelap. Tiap beberapa meter di dalam terowongan hitam ini, tergantung papan-papan di langit-langit yang mulai memberikan suasana kelam lewat kata-kata seperti, "Apakah ada yang menunggumu di rumah?", apakah anda lelah?" atau "apa yang ingin anda Lakukan namun belum terlaksana?"

Setelah melalui terowongan, pengunjung akan memasuki wilayah outdoor kafe dengan interior dan dekorasi yang didominasi warna hitam. The Kid-Mai Death Cafe lebih mirip dengan adegan pemakaman daripada tempat nongkrong dengan teman-teman.

Karangan bunga pemakaman digunakan sebagai hiasan bunga, item pada menu memiliki nama seperti "ageing", "painful", "ilness" dan "death".
Sebuah tengkorak juga dapat ditemukan terbaring sendirian di atas sofa hitam. Nasihat-nasihat yang mengingatkan akan kematian terpampang di berbagai penanda.

Pada sebuah papan yang ditempel di karangan bunga, tertulis, "Apakah kamu siap jika malam ini kamu tidur dan tidak bangun lagi?" Papan lain di dekat pohon berkata, "Pada akhirnya, kamu tidak akan bisa membawa apa-apa bersamamu."

Kemudian, di restoran ini, khususnya di bagian barnya, ada foto orang telah meninggal dan bahkan ada peti mati yang bisa dimasuki oleh pengunjung. Bagi pengunjung yang berani berbaring di dalamnya selama tiga menit akan mendapat potongan harga bagi makanan yang mereka pesan sebesar 20 baht.

Dalam keterangan resminya, pengelola Kid-Mai Death mengatakan kalau mereka ingin meningkatkan kesadaran orang akan kematian, istilahnya, "death awareness cafe".

"Tujuan kami adalah membuat orang menerima kefanaan dan menginspirasi untuk menikmati setiap momen dalam kehidupan, karena mereka tidak pernah tahu kapan itu akan berakhir," katanya.