SPORTOURISM - Nazare miliki ombak ganas setinggi 30 meter setiap hari ketika musim dingin. Tak ayal, ombak raksasa ini menarik peselancar dunia untuk bisa mencetak rekor. Ombak tinggi dan berkala disebabkan adanya jurang bawah laut yang disebut Nazare Canyon, jurang laut terdalam di Eropa.

Nazare adalah kota pesisir di Portugal, berhadapan dengan Samudera Atlantik. Di sinilah tempat uji nyali para peselancar karena ombaknya bisa mencapai 30 meter. 'The Monster Waves', julukan yang diberikan para peselancar dunia.

Ombak di Nazare disebut-sebut paling menantang dan paling berbahaya di dunia. Hanya surfer atau peselancar profesional saja yang boleh berselancar.

Rata-rata ombak di Nazare memang tinggi-tinggi dan biasanya terjadi di kawasan Pantai Praia do Norte. Biasanya, tingginya mencapai angka 12 sampai 15 meter. Pada 2013 silam, Andrew Cotton, peselancar asal Inggris berhasil memecahkan rekor dengan surfing menaklukan ombak di sana yang mencapai 30 meter.

Kalau Sahabat Sporto melihat ombaknya dari dekat, seperti bukan ombak. Dijamin ketika melihatnya akan “merinding disco”, karena ombak dan gelombangnya benar-benar tinggi layaknya tsunami.

Meski bukan peselancar Sahabat Sporto tetap bisa menyaksikan kedahsyatan ombak Nazare. Tentunya dari jarak yang aman. Sahabat Sporto bisa nonton dari atas gedung, dengan jarak yang cukup aman dari hantaman ombak raksasa.

Apa yang menyebabkan ombak di sini begitu besar? Konon, pantai ini berhadapan langsung dengan palung sedalam 5.000 meter yang membentang sepanjang 170 km. Menghasilkan ombak dengan ketinggian sampai 30 meteran lebih, wajar saja ombak Nazare dinobatkan sebagai ombak terbesar dan terganas di dunia.

 

foto : https://media.travelingyuk.com