SPORTOURISM – Jika biasanya melihat scooter di jalan raya, ada olahraga ekstrem yang Sahabat Sporto harus coba. Yakni, underwater scooter.

Pengalamannya hampir sama dengan diving lainnya, namun menggunakan mesin skuter. Sahabat Sporto tak memerlukan sertifikasi, peralatan lainnya yang tak praktis, atau pengamanan ekstra. Tinggal duduk dan kendarai skuternya dalam laut.

Sama seperti mengendarai skuter di jalan raya, uniknya Sahabat Sporto akan bertemu dengan biota laut yang beraneka ragam. Mengendarai skuter dalam laut ini pun sangat seru, apalagi jika dilakukan bersama teman-teman.

Perjalanan unik ini bisa Sahabat Sporto lakukan dengan kecepatan hingga 2 km/jam. Pemandangan bawah laut bisa dijelajahi sambil duduk dan melihat pemandangan sekitarnya.

lagi-lagi, sama halnya dengan mengendarai skuter, di dalam laut pun memerlukan helm yang juga difungsikan untuk sistem bernapas. Underwater scooter ini bisa menjelajahi hingga kedalaman 20 m di bawah laut dengan akses ke terumbu karang yang dangkal.

Cara mengendarainya pun sama, arahkan setang ke kanan, lurus, atau ke kiri, dan dorong pegangannya untuk menambah kecepatan atau kedalaman. Atau bisa bermanuver kecil dengan memarkir skuter di dasar laut dan lanjutkan dengan menyelam seperti biasa.

Jika Sahabat Sporto ingin mencoba olahraga ekstrem ini, cukup banyak travel agent yang menawarkan olahraga selam ini. Salah satunya, Bali Underwater Scooter atau bisa mencobanya di Pantai Melasti di Jalan Tukad Punggawa, Kota Denpasar.

Tarifnya sekitar 900 ribu rupiah per orang, dengan durasi selam kurang lebih 25 menit.