SPORTOURISM-Perkembangan dunia olahraga ekstrem kian hari terus melakukan inovasi. Salah satunya olahraga surfing atau berselancar yang biasa dilakukan di laut dengan bantuan ombak sebagai dorongan untuk bergerak, sekarang tidak perlu.

Saat ini ada olahraga bernama Flowboarding, yang merupakan campuran dari surfing, bodyboarding, skimboarding, wakeboarding, skateboarding dan snowboarding.

Olahraga ekstrem tersebut bisa dilakukan tanpa harus pergi ke laut, karena bisa dilakukan di arena permainan air yang telah didesain khusus mengeluarkan ombak buatan seperti di laut.

Ombak buatan ini memiliki ketebalan air sekitar 3 inchi dan memiliki kecepatan sekitar 20-30 MPH. Cukup kencang bukan? Air yang menyembur kencang ini akan tertahan oleh lintasan yang didisain khusus tersebut sehingga terciptalah ombak buatan. Dalam menaklukan ombak buatan ini, dibutuhkan juga papan khusus loh sebagai instrumennya.

Papan dalam flowboarding ini biasa disebut stand-up board, yang digunakan tidak jauh berbeda dengan papan wakeboarding. Papan dalam flowboarding ini memiliki panjang sekitar 910 milimeter atau sekitar 36 inchi sampai 1070 milimeter atau sekitar 42 inchi dan memiliki lebar sekitar 280 milimeter atau 11 inchi sampai 356 milimeter atau 114 inchi.

Papan dalam flowboarding ini biasanya memiliki berat sekitar 1.4 kilogram sampai 2.8 kilogram. Nah dari papan ini, selain menaklukan ombak, anda juga bisa melakukan trik-trik seperti dalam wakeboarding, snowboarding dan skateboarding.

Trik yang biasa dilakukan adalah seperti carving, berputar 90, 180, 360 derajat, pop-shuvits, kick-flips, foot-plant and fast-plant dan variasi lainnya. Tak hanya itu, diwajibkan saat melakukan flowboarding menggunakan trik bodyboard dari berbagai macam posisi, dari mulai tiarap dan berlutut.

Olahraga ekstrem ini sudah ada organisasi yang membawahinya disebut FLOW. FLOW adalah kepanjangan dari Flowboarding League of The World. Organisasi ini dijalankan oleh WhiteWater Inc. Karena sudah ada organisasinya, flowboarding ini juga dipertandingkan dan ada kompetisinya.

Kompetisinya yang terkenal ada di Amerika Serikat. Kompetisi ini dibagi menjadi dua yaitu The North American Flow Tour Prime Events dan Flow Series Event. Di Asia, kompetisi ini juga ada yaitu Flow Tour Asia.

Di Indonesia juga ada, kalau mau mencoba olahraga ini bisa datang ke Ancol atau Snowbay. Dua tempat wisata itu menawarkan flowriding sebagai salah satu wahananya.