SPORTOURISM -  Maraknya drama Korea maupun tren boyband dan girlband dari negara ini membuat tren baru bagi traveler. Saat perlahan-lahan masuknya berbagai budaya ke Indonesia membuat berbagai destinasi baru yang membuat masyarakat menjadi suka akan traveling.

Korea bisa dikatakan sebagai salah satu negara yang punya ‘pengaruh’ besar ke Indonesia. Pasalnya, budaya Korea ini perlahan membuat para milenial khususnya, bergaya mengikuti idola mereka.

Termasuk ingin mengunjungi lokasi-lokasi yang sering tampil di drama Korea. “Budaya pop ini jadi semacam tren traveling baru, apalagi sekarang ini orang cenderung ikut promo dahulu baru bayar belakangan. Bukan sebaliknya, nabung dulu baru traveling,” kata Fenny Maria, Chief Marketinng Officer Panorama JTB Tours saat ditemui Kamis (8/3).

Fenny mencontohkan Nami Island, salah satu pulau kecil di Korea. Pulau ini begitu terkenal, hingga orang rela antre untuk dapat menyeberang ke pulau ini. “Di sana ada taman dengan bunga-bunga, bagus sih, tapi justru yang ramai bukan itunya,” tambah Fenny.

Menariknya, kata Fenny, pengunjung justru lebih tertarik berfoto dengan patung pemeran drama Korea Winter Sonata. “Patung ini yang ramai dan buat pengunjung penasaran,” tambahnya.

Selain itu, penggemar drama Korea maupun K-Pop yang kebanyakan dari kalangan milenial membuat wisata di Negeri Ginseng semakin populer. Budaya Pop yang masuk ke Indonesia pun lama-lama membuat tren traveling berubah.

Kini, apa yang terlihat dan dialami idola, membuat para fans sekaligus traveler penasaran yang akhirnya bergegas melakukan perjalanan ke lokasi tersebut.